Senat Sebut Sidang Pemakzulan Trump Setelah Pelantikan Biden

CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 18:03 WIB
Pemimpin Mayoritas Senat AS, Mitch McConnell, menegaskan persidangan pemakzulan Presiden Donald Trump tidak akan dimulai sampai setelah 19 Januari. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (AFP/JIM WATSON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin Mayoritas Senat Amerika Serikat, Mitch McConnell, menegaskan bahwa persidangan pemakzulan Presiden Donald Trump tidak akan dimulai sampai setelah 19 Januari mendatang.

Hal itu diutarakan McConnell melalui sebuah pernyataan kepada sesama senator AS.

Dalam pernyataannya, McConnell percaya bahwa Kongres dan pejabat eksekutif AS lebih baik menghabiskan waktu enam hari ke depan untuk fokus memfasilitasi pelantikan Presiden Terpilih, Joe Biden, yang akan berlangsung pada 20 Januari mendatang, ketimbang menangani pemakzulan Trump.


Ia juga menganggap akan lebih baik bagi Kongres dan pejabat eksekutif untuk memastikan transisi pemerintahan dari Trump ke Biden berjalan tertib dan lancar.

Selain itu, McConnell juga menganggap tidak mungkin persidangan pemakzulan Trump akan berjalan adil dan serius sebelum pelantikan Biden berlangsung.

Berikut isi lengkap pernyataan politikus Partai Republik tersebut kepada para Senator AS pada Rabu (13/1) seperti dikutip CNN.


"Dewan Perwakilan (DPR) AS telah memutuskan memakzulkan Presiden. Proses di Senat sekarang akan dimulai dengan pertemuan rutin pertama setelah menerima draf undang-undang pemakzulan dari DPR.

Mengingat aturan, prosedur, dan preseden Senat yang mengatur persidangan pemakzulan presiden, tidak mungkin bahwa persidangan yang adil atau serius dapat dirampungkan sebelum Presiden Terpilih Biden dilantik minggu depan.

Senat telah mengadakan tiga sidang pemakzulan presiden. Ketiganya berlangsung selama 83 hari, 37 hari, dan 21 hari.

Bahkan, jika proses pemakzulan di Senat dimulai pekan ini dan dipercepat, tidak mungkin keputusan akhir bisa diambil sampai setelah Presiden Trump lengser dari jabatannya.

Ini bukan keputusan yang saya buat, ini adalah fakta. Presiden Terpilih Biden sendiri pekan lalu mengatakan bahwa pelantikannya pada 20 Januari adalah 'jalan tercepat' untuk setiap perubahan dalam menanggapi kekosongan kepemimpinan.

Mengingat situasi ini, saya yakin akan lebih bermanfaat bagi bangsa kita jika Kongres dan eksekutif menghabiskan tujuh hari ke depan sepenuhnya berfokus untuk memfasilitasi pelantikan yang aman dan transfer kekuasaan yang tertib kepada pemerintahan Biden.

Saya berterima kasih kepada kantor dan institusi di Capitol Hill yang terus bekerja sepanjang waktu, bersama dengan penegak hukum federal dan lokal, untuk mempersiapkan pelantikan yang aman dan sukses pada Rabu pekan depan."

(rds/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK