Kapal di Turki Tenggelam Akibat Cuaca Buruk, Dua Tewas

AFP, CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 05:21 WIB
Akibat cuaca buruk, sebuah kapal cargo tenggelam di Laut Hitam dekat Turki dan tewaskan setidaknya dua orang. Ilustrasi. Kapal kargo tenggelam di Laut Hitam lepas Turki, dua tewas (Buff Leavy/The Brunswick News via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah kapal kargo tenggelam akibat cuaca buruk di Laut Hitam di lepas Turki pada Minggu (17/1) dan menewaskan setidaknya dua orang.

Lima dari 13 orang pelaut yang ada di kapal pengangkut curah Arvin telah diselamatkan. Hingga saat ini, operasi pencarian masih terus dilakukan untuk menemukan awak kapal lain, jelas Sinan Guner, gubernur provinsi Bartin di Turki utara.

"Lima orang berhasil diselamatkan dan dua mayat ditemukan," kata Guner seperti dikutip kantor berita Anadolu.


Kepada AFP, Juru bicara kementerian luar negeri Ukraina Oleg Nikolenko mengkonfirmasi bahwa kapal yang tenggelam adalah milik sebuah perusahaan Ukraina.

Lewat cuitan, ia menyebut sejauh ini lima orang senegaranya dan satu "orang asing" telah diselamatkan.

"Mereka dirawat di rumah sakit, kondisinya stabil," tulisnya.

Kapal itu sedang berlayar menuju Bulgaria dari Georgia, yang nahas tenggelam akibat cuaca buruk.Hembusan angin kencang dan badai salju dilaporkan terjadi Minggu di daerah sekitar lokasi kapal tenggelam.

Kondisi cuaca ini dapat membatasi visibilitas dan kemampuan manuver kapal. Guner mengatakan kondisi cuaca juga menghambat upaya penyelamatan.

Kementerian pertahanan Turki mengatakan sebuah fregat telah dikerahkan untuk membantu operasi penyelamatan.

Pada Januari 2019, enam awak tewas ketika sebuah kapal kargo berbendera Panama tenggelam di Laut Hitam di lepas Turki.

Dua tahun sebelumnya, sebuah kapal mata-mata Rusia tenggelam di Laut Hitam setelah bertabrakan dengan kapal kargo yang membawa ternak. Semua kru berhasil diselamatkan.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK