KILAS INTERNASIONAL

2 Juta Korban Jiwa Corona Global sampai China Kebut RS Corona

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 06:33 WIB
Korban meninggal virus corona di dunia capai 2 juta orang sampai China kebut pembangunan RS Covid-19 baru. Proses pembangunan rumah sakit darurat Covid-19 di China akibat lonjakan kasus infeksi virus corona. (AFP/STR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai peristiwa menarik terjadi di berbagai belahan dunia pada Minggu (17/1). Mulai dari korban meninggal virus corona di dunia capai 2 juta orang sampai China bangun rumah sakit darurat Covid-19 dalam lima hari. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Bendung Lonjakan Kasus Covid-19, China Bangun RS dalam 5 Hari

Pemerintah China baru merampungkan pembangunan rumah sakit khusus pasien terinfeksi virus corona (Covid-19) di Nangong, Provinsi Hebei, dengan kapasitas 1.500 kamar. Proses pembangunan ini tercatat rampung dalam lima hari.

Pembangunan rumah sakit itu dilakukan menyusul lonjakan kasus virus corona dalam beberapa waktu terakhir.


Kantor berita Xinhua memaparkan, rumah sakit tersebut merupakan yang pertama dari total enam rumah sakit yang bakal dibangun di sejumlah provinsi di China. Keenam rumah sakit ini nantinya memiliki kapasitas perawatan pasien Covid-19 hingga 6.500 ruangan.

Selain di Nangong, pemerintah China tengah merampungkan pembangunan rumah sakit serupa dengan kapasitas 1.000 ruangan di Shijiazhuang. Xinhua melaporkan, rumah sakit ini akan selesai dalam satu pekan ke depan.

Meski sempat nihil kasus corona, China kembali dihantui lonjakan penularan Covid-19 sejak Desember 2020 lalu.

Saat ini, dilansir dari Associated Press, ada total 645 kasus corona di Nangong dan Ibu Kota Hebei, Shijiazhuang. Pemerintah Shijiazhuang menyatakan tengah membangun sebuah rumah sakit dengan kapasitas 3.000 ruangan.

Klaster virus corona baru juga ditemukan di Ibu Kota Beijing, Provinsi Heilongjiang, dan Provinsi Liaoning.

[Gambas:Video CNN]


2. Setahun Pandemi Corona, Kematian Global Capai 2 Juta Jiwa

Data statistik Universitas John Hopkins per Minggu (17/1) mencatat jumlah korban meninggal dunia akibat virus corona (Covid-19) secara global mencapai 2.020.042 jiwa.

Angka tersebut didapat kurang lebih satu tahun setelah virus corona muncul dan menyebar dari Kota Wuhan, China, ke seluruh dunia.

Sementara itu, menurut data Universitas John Hopkins, kasus corona Global sudah mencapai 94.410.568 kasus. Amerika Serikat dan India menjadi dua negara dengan kasus corona tertinggi di dunia.

[Gambas:Video CNN]


3. Pakistan Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Corona AstraZeneca

Otoritas Regulasi Obat-obatan Pakistan memberikan persetujuan terhadap penggunaan darurat vaksin virus corona (Covid-19) buatan perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca.

Menteri Kesehatan Pakistan menuturkan vaksin asal Inggris yang bekerjasama dengan Universitas Oxford itu merupakan yang pertama disetujui negaranya untuk digunakan menanggulangi pandemi corona.

Dikutip CNN, berdasarkan data John Hopkins University, Pakistan tercatat memiliki 516.770 kasus corona dengan jumlah kematian mencapai 10.908.

Vaksin AstraZeneca disebut 70 persen ampuh melawan Covid-19.

Angka efikasi tersebut didapat dari penggabungan data kelompok orang yang divaksinasi dengan dosis tepat, dan dosis yang keliru. Jika hanya menggunakan data kelompok dosis yang tepat, ditemukan efikasi sebesar 64 persen.

(ayp/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK