Biden Batalkan Pencabutan Larangan Masuk ke AS Terkait Corona

CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 13:53 WIB
Presiden AS, Joe Biden, kembali menerapkan larangan masuk bagi penduduk dari sejumlah negara di dunia akibat virus corona. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Dia kembali menerapkan larangan masuk bagi penduduk dari sejumlah negara di dunia akibat virus corona. (AP/Evan Vucci)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, membatalkan keputusan pendahulunya, Donald Trump, dan kembali menerapkan larangan masuk bagi penduduk dari sejumlah negara di dunia untuk berkunjung ke AS akibat virus corona (Covid-19).

Dalam aturan terbaru itu, Biden turut melarang penduduk Afrika Selatan, Brasil, Inggris dan Irlandia datang ke AS untuk sementara waktu.

Dilansir Associated Press, Senin (25/1), Biden melarang penduduk Afrika Selatan berkunjung untuk sementara karena di negara itu tengah terjadi penyebaran virus corona jenis baru.


Padahal, Trump memutuskan mencabut larangan kunjungan warga negara asing itu sehari sebelum Biden dilantik, yakni pada 19 Januari lalu.

Pada pekan lalu, Biden juga menerbitkan keputusan presiden yang mewajibkan pendatang asing menjalani karantina saat tiba di AS.

Biden juga mewajibkan penduduk AS berusia 2 tahun atau lebih untuk menyertakan hasil pemeriksaan yang menyatakan mereka negatif Covid-19 tiga hari sebelum berangkat.

Negara-negara yang sampai saat ini penduduknya dilarang masuk ke AS akibat situasi pandemi Covid-19 adalah China (termasuk penduduk Hong Kong dan Makau), Iran, Brasil, Inggris, Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

(Associated Press / ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK