Antony Blinken Resmi Jadi Menteri Luar Negeri AS

CNN Indonesia | Kamis, 28/01/2021 07:11 WIB
Antony Blinken resmi terpilih menjadi menteri luar negeri Amerika Serikat setelah penunjukannya dikonfirmasi oleh Senat. Antony Blinken saat menjadi wamenlu AS mengunjungi pesantren Darunnajah, Ulujami, Jakarta pada 2015 lalu. Blinken kini resmi jadi menlu AS. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Antony Blinken resmi terpilih menjadi menteri luar negeri Amerika Serikat setelah penunjukannya dikonfirmasi oleh Senat.

Jalan Blinken menuju kursi menlu bisa dibilang mulus.

Dalam voting yang digelar Selasa (26/1) waktu setempat, sebanyak 78 suara menyetujui Blinken, sementara 22 menolak.

Berbeda dengan dua menteri luar negeri era Donald Trump, Mike Pompeo dan Rex Tillerson, di mana penunjukan keduanya mendapat tantangan cukup kuat dari anggota Demokrat yang duduk di Senat.


Blinken telah lama menjadi penasihat Presiden Joe Biden. Dia berjanji untuk memperbaiki aliansi AS.

Senator Republik yang mendukung Blinken termasuk dua sekutu dekat Trump dalam kebijakan luar negeri. Yakni Marco Rubio, seorang pengkritik keras pemerintah kiri di Kuba dan Venezuela, serta Lindsey Graham, yang dikenal karena pandangannya terhadap Suriah dan Iran.

Senator James Risch, tokoh Republik di Komite Hubungan Luar Negeri Senat, mendesak rekan-rekannya mendukung Blinken meski mengakui beberapa ketidaksepakatan.


"Kami membutuhkan seorang menlu. Dia orang yang tepat untuk pekerjaan itu," kata Risch di lantai Senat seperti dikutip AFP.

Meski demikian, dia tidak mendukung Blinken untuk kembali ke perjanjian nuklir Iran. Trump secara sepihak menarik AS keluar dari perjanjian itu pada 2018 lalu.

Akan tetapi Risch sepakat dengan rencana Blinken menghadapi Turki, sekutu NATO yang telah mengecewakan banyak anggota parlemen dengan membeli sistem senjata utama dari Rusia.

Blinken dalam sidang konfirmasi pekan lalu juga mendukung pendekatan keras Trump ke China. Dia menegaskan tidak akan membatalkan keputusan penting Trump untuk memindahkan kedutaan AS di Israel ke Yerusalem.



Senator Robert Menendez, anggota tertinggi dari komite Demokrat, menyoroti kemampuan Blinken untuk melibatkan anggota parlemen di seluruh spektrum politik.

"Saya yakin dia adalah orang yang tepat untuk memperbaiki dan memulihkan aliansi kita untuk menghidupkan kembali hubungan antara Departemen Luar Negeri dan Kongres," kata Menendez.

Blinken, pria 58 tahun itu dikenal karena sikapnya yang tenang. Dia memiliki hasrat pada tujuan kemanusiaan.

(dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK