Tentara Israel 320 Kali Serang Nelayan Gaza Sepanjang 2020

CNN Indonesia | Kamis, 28/01/2021 16:30 WIB
Angkatan Laut Israel dilaporkan menyerang para nelayan Palestina di Jalur Gaza sebanyak ratusan kali sepanjang 2020. Ilustrasi nelayan di Jalur Gaza, Palestina. (REUTERS/SUHAIB SALEM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Angkatan Laut Israel dilaporkan menyerang para nelayan Palestina di Jalur Gaza sebanyak ratusan kali sepanjang 2020.

Menurut catatan Komite Serikat Pertanian (UAWC), aparat Israel menyerang para nelayan Gaza sebanyak 320 kali pada tahun lalu.

Seperti dilansir Middle East Monitor, Kamis (28/1), UAWC menyatakan Angkatan Laut Israel tidak segan menggunakan senapan mesin, meriam kaliber kecil dan meriam air untuk mengganggu para nelayan Gaza yang sedang menangkap ikan.


Israel juga membatasi wilayah penangkapan ikan nelayan Gaza, yakni hanya sejauh tiga mil dari bibir pantai.

Selama ini para nelayan Gaza selalu dibatasi oleh Israel untuk mencari ikan.

Malah pada Agustus 2020 lalu, Israel menutup wilayah penangkapan ikan di Gaza selama 16 hari, dan membuat para nelayan itu tidak mendapatkan penghasilan.

Menurut catatan UAWC, serangan terhadap para nelayan Gaza oleh Angkatan Laut Israel pada tahun lalu bertambah 63 kejadian dibanding 2019.

Pada tahun lalu, Angkatan Laut Israel menembak 18 nelayan Palestina yang sedang melaut. Mereka juga menangkap sembilan nelayan lain yang kemudian mengaku diperlakukan buruk oleh aparat Negeri Zionis itu.

Selain itu, Angkatan Laut Israel merusak 12 kapal, dan mencuri empat kapal beserta peralatan memancing milik nelayan Palestina.

Tentara Israel juga merusak dan menyita ratusan jaring milik nelayan Palestina.

(rds/ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK