Saudi Tutup Seluruh Tempat Rekreasi Hindari Penyebaran Corona

CNN Indonesia | Jumat, 05/02/2021 01:28 WIB
Arab Saudi menutup sementara seluruh tempat rekreasi dan pusat kegiatan masyarakat selama sepuluh hari untuk menekan penyebaran virus corona. Ilustrasi penduduk Arab Saudi berkegiatan di tengah pandemi virus corona. (AP/Amr Nabil)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menutup sementara seluruh tempat rekreasi dan pusat kegiatan masyarakat selama sepuluh hari ke depan untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan bioskop dan tempat hiburan dalam ruangan akan ditutup sementara untuk menghambat laju penularan virus corona.

Pemerintah setempat juga memerintahkan untuk sementara rumah makan tidak menyediakan fasilitas makan di tempat bagi pelanggan. Jika dilanggar, setiap restoran yang tidak mematuhi aturan itu akan dipaksa tutup hingga sebulan.


Pusat kebugaran dan tempat olahraga di seluruh Arab Saudi juga ditutup selama aturan tersebut diberlakukan.

Dilansir Arab News, Kamis (4/1), Kemendagri Arab Saudi memaparkan semua kegiatan dan acara, termasuk pernikahan dan rapat perusahaan, yang digelar di lokasi pribadi atau hotel, serta yang diadakan di restoran atau kamp juga ditangguhkan selama satu bulan.

Durasi penutupan itu bisa diperpanjang bila kasus terus meninggi. Per hari Rabu (3/2) kasus harian di Arab Saudi mencapai 306 kasus.

Pada hari Selasa (2/2) Arab Saudi melarang pendatang dari 20 negara.

Sebagai informasi ke 20 negara tersebut yakni, Indonesia, Uni Emirat Arab, Mesir, Libanon, Turki, Amerika, Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Irlandia, Portugal, Swiss, Swedia, Brasil, Argentina, Afrika Selatan, India, Pakistan dan Jepang.

Langkah tersebut diambil pemerintah Arab Saudi di tengah lonjakan global kasus varian baru dari Covid-19.

Pada Rabu (3/2) kemarin, Menteri Kesehatan Arab Saudi, Dr. Tawfiq Al Rabiah, mengatakan ada peluncuran vaksin dalam jumlah besar dari pemasok selama beberapa hari ke depan.

Diketahui, angka kematian akibat Covid-19 di Arab Saudi mencapai 6.386 orang. Sementara total kasus keseluruhan 369.000 kasus.

(isa/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK