Sadar Usai Setahun Koma, Remaja Inggris 2 Kali Positif Covid

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 09/02/2021 07:39 WIB
Joseph Flavill dinyatakan sadar setelah setahun koma usai menjadi korban kecelakaan mobil. Saat koma, Flavill sempat dinyatakan dua kali terpapar virus corona. Ilustrasi. Seorang remaja di Inggris sadar setelah koma selama setahun. (Foto: iStockphoto/kupicoo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang remaja di Inggris dikabarkan sadar setelah mengalami koma selama satu tahun usai ditabrak mobil. Joseph Flavill tidak mengetahui jika saat ini dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19 dan ia sempat dua kali terpapar virus corona saat masih koma.

Remaja berusia 19 tahun itu dinyatakan cedera otak traumatis setelah tertabrak mobil dalam sebuah kecelakaan di kota Burton-on-Trent, Inggris pada 1 Maret 2020 lalu.

Selama koma, Flavill tidak dapat didampingi keluarga karena pemerintah Inggris memberlakukan lockdown tepat tiga pekan setelah ia dirawat. Sejak saat itu keluarga mencoba berkomunikasi melalui panggilan video lewat bantuan tim medis.


"Baru-baru ini Joseph mulai menunjukkan tanda-tanda kecil pemulihan, yang membuat kami sangat senang. Kami tahu sekarang dia dapat mendengar kami, dia menanggapi perintah kecil," kata Sally Flavill, bibinya kepada Reuters.

"Ketika kami mengatakan kepadanya 'Joseph, kami tidak bisa bersamamu, tetapi kamu aman, ini tidak akan selamanya', dia mengerti, dia mendengarmu, dia tidak bisa berkomunikasi," ucapnya menambahkan.

Mendengar percakapan itu usai dinyatakan sadar, Flavill merespons dengan satu kedipan sebagai isyarat 'iya' dan dua kedipan yang berarti 'tidak'.

Flavill mengatakan belum tahu apakah keponakannya yang baru terbangun dari koma selama setahun itu bisa memahami bagaimana sebagian besar orang saat ini hidup di tengah penguncian wilayah (lockdown).

Inggris saat ini masih memberlakukan lockdown setelah ada temuan varian baru mutasi virus corona yang lebih cepat menular.

Data statistik mencatat hingga saat ini Inggris menjadi negara dengan kasus corona tertinggi kelima di dunia dengan 3.945.680 kasus dan 112.465 kematian.

(evn/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK