India Deteksi Kasus Virus Corona Mutasi Afsel dan Brasil

Associated Press, CNN Indonesia | Selasa, 16/02/2021 21:59 WIB
India mendeteksi empat kasus virus corona mutasi dari Afrika Selatan dan satu kasus Covid-19 dari Brasil. India mendeteksi empat kasus mutasi corona dari Afrika Selatan dan satu dari Brasil. (Foto: AP/Manish Swarup)
Jakarta, CNN Indonesia --

India mendeteksi empat kasus Virus Corona mutasi dari Afrika Selatan dan Brasil yang berasal dari orang-orang yang baru kembali dari kedua negara itu.

Direktur Jenderal Dewan Riset Medis India (ICMR) Balram Bhargava mengatakan kasus mutasi Corona dari Afrika Selatan itu terdeteksi bulan lalu. Sementara, kasus mutasi Covid-19 dari Brasil yang menginfeksi satu orang terdeteksi bulan ini.

Temuan kasus ini terjadi kendati India saat ini tidak memiliki penerbangan langsung ke kedua negara tersebut.


"Tidak ada penerbangan langsung dari Afrika Selatan atau Brasil, jadi kementerian kesehatan dan kementerian penerbangan sipil berkoordinasi menyiapkan langkah-langkah yang harus diambil terkait masalah tersebut," kata Menteri Kesehatan Rajesh Bhushan dalam konferensi pers, Selasa (16/2).

Mutasi virus corona dari Brasil dan Afrika Selatan disebut lebih mudah menginfeksi paru-paru dibandingkan mutasi Covid-19 dari Inggris.

Mengutip Reuters, temuan kasus mutasi corona ini membuat pemerintah India mempertimbangkan untuk mewajibkan tes PCR bagi semua orang yang datang dari Brasil dan Afrika Selatan. Selama ini India telah memberlakukan kewajiban tes PCR untuk semua kedatangan dari Inggris.

India mencatat adanya penurunan kasus dan tingkat kematian akibat virus corona. Pemerintah setempat mencatat tingkat positif Covid-19 menurun hingga 0,19 persen dan tingkat kematian mencapai 3,30 persen.

Mengutip India Express, antara 7 Januari hingga 7 Februari, pemerintah setempat mencatat 7.683 kasus dan 254 orang meninggal, yang menjadi jumlah terendah sejak beberapa bulan terakhir.

Rata-rata, India mencatat delapan kematian per hari selama satu bulan terakhir. Angka terendah kasus harian Covid- 19, tercatat pada 37 Januari hanya 96 kasus, terendah sejak pandemi mewabah pada April tahun lalu.

Dalam satu bulan terakhir, India membuat perubahan dengan mengurangi jumlah tempat tidur di rumah sakit Covid-19, dan membuat lebih banyak ruangan untuk menampung pasien non virus corona.

Kasus Covid-19 India pada Selasa (16/2) bertambah 9.121 dalam 24 jam terakhir, menjadikan total menjadi 10,93 juta kedua tertinggi di dunia setelah AS. Sekitar 187 diantaranya merupakan kasus infeksi virus corona mutasi dari Inggris.

(evn/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK