Akhirnya Terungkap, Alasan Istri Kim Jong-un Hilang Setahun

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 14:29 WIB
Ri Sol-ju, istri Pemimpin Korut, Kim Jong-un, menghilang dari sorotan publik selama hampir satu tahun. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan istri Ri Sol-ju (kiri) tengah menyaksikan pagelaran seni. (AP/朝鮮通信社)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ri Sol-ju, istri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, menghilang dari sorotan masyarakat selama hampir satu tahun lebih diduga karena melahirkan.

Prediksi itu disampaikan oleh lembaga pemantau aktivitas Korea Utara, Institut Strategi Keamanan Nasional, yang dikutip oleh kantor berita Korea Selatan, Yonhap News Agency, Kamis (18/2).

"Kemunculan Ri Sol-ju setelah absen selama satu tahun satu bulan karena melahirkan," demikian isi pernyataan Institut Strategi Keamanan Nasional.


Lembaga itu kerap memasok informasi untuk Badan Intelijen Korea Selatan (NIS). Akan tetapi, mereka tidak merinci bukti-bukti yang bisa memperkuat perkiraan mereka tentang kemunculan Ri.

"Korea Utara kemungkinan ingin mencegah kehamilan itu terlihat di hadapan masyarakat dan memilih merahasiakannya," lanjut isi pernyataan itu.

Kim dan Ri saat ini disebut dikaruniai oleh tiga orang anak. Namun, tidak identitas dan usia anak-anak pasangan suami istri itu dirahasiakan.

Menurut laporan NIS, Ri diduga sengaja tidak muncul ke hadapan publik untuk menaati protokol kesehatan pencegahan virus corona. Mereka juga mengatakan Ri kemungkinan menghabiskan waktu dengan anak-anaknya dan sampai saat ini mereka tidak menemukan hal-hal yang janggal yang menyebabkan dia tidak pernah muncul ke hadapan masyarakat.

Menurut laporan Associated Press yang mengutip kantor berita Korea Utara, KCNA, Ri terlihat mendampingi sang suami menyaksikan pagelaran seni pada Selasa (16/2) lalu, untuk memperingati hari lahir mendiang mertuanya, Kim Jong-il.

Kemunculan Ri terlihat dalam sembilan foto yang diterbitkan oleh KCNA.

Menurut catatan, Ri terakhir terlihat di media massa pada 26 Januari 2020. Saat itu dia juga mendampingi sang suami menyaksikan pagelaran seni memperingati Hari Raya Imlek sehari sebelumnya.

Sosok Ri membetot perhatian dunia ketika dia muncul pertama kali pada 2012. Sebab, Kim sebelumnya tidak pernah membawa sang istri dalam kegiatannya.

Ri juga mendampingi Kim saat melakukan kunjungan kenegaraan ke China. Sampai saat ini belum diketahui alasan mengapa Ri tidak muncul selama hampir setahun.

(ayp/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK