KILAS INTERNASIONAL

Menlu Myanmar Bertemu Retno hingga Selamat Jokowi ke Suu Kyi

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 06:35 WIB
Menlu junta militer Myanmar bertemu Menlu RI Retno Marsudi hingga Presiden Jokowi sudah beri selamat Suu Kyi karena menang pemilu, ramaikan berita internasional Ilustrasi. Kedubes RI di Myanmar digeruduk pedemo anti-kudeta. (AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (24//2). Mulai dari Menlu junta militer Myanmar bertemu Menlu RI Retno Marsudi hingga Presiden Jokowi sudah beri selamat Suu Kyi karena menang pemilu.

1. Kunjungi Thailand, Menlu Myanmar Dilaporkan Bertemu Retno

Menteri Luar Negeri Myanmar yang ditunjuk oleh rezim militer, U Wunna Maung Lwin, dilaporkan bertemu dengan Menlu RI, Retno Marsudi, di Thailand pada Rabu (24/2).

Maung Lwin dan Retno dikabarkan bertemu setelah keduanya melakukan kunjungan ke Thailand di hari yang sama.


Media lokal Myanmar, Irrawaddy, melaporkan pertemuan kedua menlu terjadi setelah Retno secara tiba-tiba membatalkan kunjungan ke Myanmar.

oran Thailand, Bangkok Post, juga melaporkan rencana pertemuan kedua menlu tersebut.

Bangkok Post menuturkan Menlu Thailand Don Pramudwinai melakukan pertemuan trilateral dengan Maung Lwin dan Retno.

2. Militer Myanmar Kirim Pasukan Pembantai Rohingya Hadapi Demo

Angkatan Bersenjata Myanmar diduga mengerahkan unit pasukan infantri yang dituduh terlibat dalam pembantaian etnis Rohingyauntuk menghadapi demonstran antikudeta.

Menurut pernyataan Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Myanmar, Tom Andrews, melalui Twitter, militer Myanmar (Tatmadaw) mengerahkan pasukan dari Divisi Infanteri Ringan 33 untuk menghadapi para pengunjuk rasa.

Menurut Andrews, diduga unit pasukan itu terlibat dalam bentrokan dengan demonstran di Kota Mandalay pada akhir pekan lalu, yang menewaskan dua orang demonstran.

3. Jokowi Disebut Sudah Beri Selamat Suu Kyi Menang Pemilu

PresidenJokowi disebut sudah memberikan ucapan selamat kepada pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, setelah ia dan partainya Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) memenangkan pemilu pada November lalu.

Ucapan selamat itu disampaikan Jokowi sebelum kudeta militer Myanmar berlangsung pada 1 Februari.

Hal itu diutarakan perwakilan Indonesia di ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR), Yuyun Wahyuningrum, dalam diskusi Solidaritas RI untuk Demokratisasi di Myanmar pada Selasa (23/2).

Yuyun mengatakan ucapan selamat Jokowi itu memperjelas posisi Indonesia yang menghormati hasil pemilu demokratis Myanmar tahun lalu.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK