3 Gempa Besar Selandia Baru, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

AP, CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 06:36 WIB
Ribuan warga Selandia Baru yang berada di sekitar pantai utara diminta evakuasi ke tempat tinggi, menyusul gempa ketiga yang memicu alarm peringatan tsunami. Ilustrasi. Selandia Baru meminta warga evakuasi setelah alarm perngatan tsunami aktif menyusul gempa M 8,1. (Foto: AFP Photo/Frederick Florin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ribuan warga Selandia Baru yang berada di sekitar pantai utara diminta meninggalkan rumah dan menuju tempat tinggi menyusul tiga gempa yang mengguncang kawasan tersebut. Gempa memicu alarm peringatan tsunami pada Jumat (5/5) pagi.

Warga diminta evakuasi dalam waktu kurang dari delapan jam. Dua gempa sebelumnya berkekuatan magnitudo 7,4 dan 7,2.

Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) Selandia Baru mengatakan gelombang pertama tsunami tiba di sekitar pantai utara sekitar pukul 9.45 pagi.


Mengutip Reuters, daerah yang terancam dilanda tsunami antara lain Bay of Islands hingga Whanarei, Matata ke Teluk Tolaga, termasuk Whakatane, Opotiki, dan Pulau Great Barrier.

Pejabat pertahanan sipil membantu penduduk Northland dan Bay of Plenty untuk mengevakuasi diri lantaran gelombang tsunami diperkirakan bisa mencapai tiga meter di atas permukaan laut.

"Kami ingin semua orang merespons ancaman ini dengan serius. Segera evakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi," kata Wali Kota Whangarei Sheryl Mai kepada penyiar TVNZ.

Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut.

Peringatan serupa juga dikeluarkan untuk warga yang berada di daerah lain di Kepulauan Pasifik seperti Tonga, Samoa Amerika, Fiji, Vanuatu, Hawaii, dan kepulauan di sekitarnya.

Negara tetangga, Australia juga mengeluarkan peringatan tsunami di Pulau Norfolk, wilayah kecil Negeri Kanguru yang memiliki 1.750 penduduk.

Gempa magnitudo 7,3 terjadi di dekat pulau utara dan dirasakan oleh warga di seluruh Selandia Baru. Banyak yang mengatakan merasakan guncangan 'parah' gempa.

"EMA akan dikeluarkan untuk wilayah yang terancam tsunami tersebut," demikian dikutip dari akun National Emergency Management Agency di Twitter @NZcivildefence.

"Semua area pantai lainnya di pulau utara, pulau Great Barrier, pulau selatan, pulau Stewart dan pulau Chatham," dikutip dari laman National Emergency Management Agency.

Petugas juga mengimbau warga untuk menjauhi area pantai, membagikan informasi mengenai peringatan tsunami ini ke keluarga dan kerabat.

(evn/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK