Buntut Tabrakan Maut Kereta, Menhub Taiwan Ajukan Mundur

CNN Indonesia | Senin, 05/04/2021 14:53 WIB
Menteri Transportasi Taiwan Lin Chia-Lung mengajukan pengunduran diri setelah insiden kecelakaan kereta api yang menewaskan 51 orang. Kecelakaan kereta di Taiwan. (REUTERS/ANN WANG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Transportasi Taiwan Lin Chia-Lung mengajukan pengunduran diri setelah insiden kecelakaan kereta api yang menewaskan 51 orang pada Jumat (2/4) lalu.

Menurut Laporan media resmi pemerintah Central News Agency (CNA), Lin mengajukan pengunduran diri secara lisan melalui panggilan telepon dengan Perdana Menteri Taiwan Su Tsen-chang, pada Minggu (4/4). Ia ingin mundur dan bertanggung jawab atas kecelakaan itu.

Dikutip dari CNN, Juru Bicara Kabinet Lo Ping-cheng mengatakan kepada wartawan, perdana menteri Taiwan memuji Lin lantaran menunjukkan sikap tanggung jawab namun menolak membahas pengunduran diri tersebut.



Sebelumnya kereta api tergelincir di terowongan di timur Taiwan pada Jumat (2/3). Kereta itu diduga menabrak truk yang terparkir tidak tepat sehingga masuk ke jalur rel kereta api.

Dugaan itu disampaikan oleh dinas pemadam kebakaran yang menunjukkan gambar puing-puing truk yang tergeletak di samping bagian dari kereta yang tergelincir.

Peristiwa nahas itu terjadi bersamaan dengan Hari Pembersihan Makam.

Sepasang suami istri yang menjadi penumpang kereta itu menceritakan kepada media milik pemerintah, CNA, bahwa mereka sedang dalam perjalanan ke Taitung untuk membersihkan kuburan dan memberikan penghormatan kepada anggota keluarga yang meninggal.

Kereta itu sangat penuh sehingga banyak orang yang berdiri, kata mereka.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan pemerintah akan terus berupaya sebisa mungkin untuk memastikan keselamatan penumpang setelah insiden yang memilukan itu.

Menteri Transportasi Taiwan menganggap kecelakaan tersebut merupakan bencana kereta paling mematikan dalam tiga dekade terakhir.

Berdasarkan sejarah kecelakaan kereta api di Taiwan, pada 1981, 30 orang meninggal akibat tabrakan di Taiwan utara.

Pada 2018, 18 orang tewas dan 51 orang meninggal ketika kereta tergelincir di timur laut Taiwan.

(isa/dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK