AS Tarik Semua Pasukan dari Afghanistan Sebelum 11 September

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 01:59 WIB
Presiden AS Joe Biden bakal mengumumkan rencana itu pada Rabu mendatang (14/4). Presiden AS Joe Biden bakal menarik semua pasukannya dari Afghanistan sebelum 11 September (Getty Images via AFP/Chip Somodevilla)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menarik seluruh personel tentaranya dari Afghanistan sebelum 11 September tahun ini. Penarikan dilakukan sebelum peringatan serangan 11 September 20 tahun yang lalu.

Mengutip AFP, seorang pejabat pemerintah AS mengatakan Biden sudah mengambil keputusan bulat mengenai hal itu.

"Amerika Serikat akan menyelesaikan penarikan tentara dari Afghanistan sebelum 11 September," tutur pejabat tersebut.


Biden sendiri dikabarkan bakal memberikan pidato pada Rabu mendatang (14/4) untuk menjelaskan ihwal rencana penarikan tentara dari Afghanistan secara rinci.

Pejabat tersebut melanjutkan, personel yang akan tinggal di Afghanistan hanya mereka yang bertugas untuk kepentingan diplomatik.

Mengenai gelagat kelompok Taliban, pejabat itu menekankan bahwa AS akan menyerang balik jika momen penarikan pasukan diganggu.

"Kami telah menjalin komunikasi dengan Taliban, jika mereka menyerang saat pasukan ditarik, maka kami akan menyerang balik dengan keras," kata pejabat tersebut.

Upaya penarikan pasukan AS dari Afghanistan sudah dilakukan sejak lama. Namun, belum semua personel meninggalkan Afghanistan.

Mantan Presiden Donald Trump juga pernah mencapai kesepakatan dengan Taliban pada Februari 2020 lalu. Kala itu, dia berjanji akan menarik pasukan AS pada Me 2021.

(AFP/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK