William-Harry Tak Berdampingan di Pemakaman Pangeran Philip

CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 12:27 WIB
Pangeran William dan Harry dipastikan tidak akan berjalan berdampingan saat proses pemakaman kakek mereka, Pangeran Philip, pada Sabtu (17/4). Pangeran William dan Harry dipastikan tidak akan berjalan berdampingan saat proses pemakaman kakek mereka, Pangeran Philip, pada Sabtu (17/4). (AFP Photo/Justin Tallis)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pangeran William dan Harry dipastikan tidak akan berjalan berdampingan saat proses pemakaman kakek mereka, Pangeran Philip, pada Sabtu (17/4).

Istana Buckingham menyatakan bahwa William dikabarkan akan berjalan di depan Harry saat peti diangkut dari Land Rover ke Kapel St. George.

Sebagaimana dilansir AFP, kakak beradik itu akan menjadi sorotan lantaran relasi keduanya terus merenggang, terutama sejak Harry dan istri, Meghan Markle, memutuskan berhenti dari tugas kerajaan.


Pemakaman Philip ini akan menjadi kesempatan pertama kakak beradik itu bertemu sejak Harry pindah ke Amerika Serikat pada 2020.

Sesuai dengan protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19, pemakaman Philip tidak terbuka untuk publik dan hanya disaksikan maksimal 30 orang, termasuk Ratu Elizabeth, anak-anak, dan cucu-cucunya.

Penghormatan terakhir dan pemakaman The Duke of Edinburgh itu bahkan hanya berlangsung selama 50 menit, sesuai peraturan pemerintah.

Sejumlah nama yang akan hadir dalam proses pemakaman Philip di antaranya putra mahkota, Pangeran Charles, dan istrinya, Camilla. Tiga adik Charles bersama pasangan mereka juga akan hadir.

Sejumlah kerabat kerajaan, termasuk sahabat Philip, Countess Mountbattern, Penelope 'Penny' Knatchbull, juga diundang ke prosesi pemakaman tersebut.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memilih tidak hadir demi memberikan ruang bagi keluarga kerajaan lain yang ingin datang.

Selama ini, setiap acara yang digelar kerajaan Inggris, termasuk pemakaman, menjadi ajang bergengsi para bangsawan dan keluarga kerajaan.

[Gambas:Video CNN]

Namun, sebelum pandemi corona, Philip dikabarkan meminta agar proses pemakamannya tidak dihadiri banyak orang dan menjadi acara tertutup bagi keluarga saja.

Prosesinya sendiri masih akan mengikuti tradisi kerajaan. Prosesi pemakaman akan dimulai dengan mengheningkan cipta secara nasional pada pukul 15.00 waktu Inggris.

Sebelum kebaktian, peti mati Philip akan diselimuti bendera, pedang, topi angkatan laut, dan karangan bunga.

Anggota Queen's Company, satu Batalion Pengawal Grenadier, akan bertugas sebagai pengusung jenazah.

Peti matinya kemudian dibawa ke tempat pemakaman kerajaan yang terletak di bawah tanah Kapel St.George, Royal Vault.

(rds/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK