Akhir Perjalanan Pangeran Philip

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 17/04/2021 21:42 WIB
Kerajaan Inggris memulai prosesi pengantaran Pangeran Philip ke tempat peristirahatan terakhir. Kerajaan Inggris memulai prosesi pengantaran Pangeran Philip ke tempat peristirahatan terakhir. (REUTERS/POOL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kerajaan Inggris memulai prosesi pemakaman Pangeran Philip ke tempat peristirahatan terakhir, Sabtu (17/4).

Jenazah dihantar dengan mobil jenazah Land Rover yang dimodifikasi khusus. Mobil lantas diikuti oleh iring-iringan bangsawan senior termasuk Pangeran Charles dan Pangeran William dan Harry.


Ratu Elizabeth turut mengikuti jalannya prosesi di Negara Bagian Bentley ketika peti jenazah dibawa ke upacara pemakaman Philip di Kapel St George.

Charles dan Putri Anne mengikuti peti jenazah Defender TD 130 berwarna hijau militer itu dengan berjalan kaki. Berturut-turut saudara mereka Edward dan Andrew, dan kedua putra Charles, William dan Harry ikut mengiringi di belakang.

Prosesi ini mengingatkan momen pemakaman Diana tahun 1997. Saat itu, kedua putra Diana ini juga berjalan penuh duka di belakang peti mati Sang Ibu.

Topi dan pedang angkatan laut Philip tergeletak di atas peti mati yang ditutupi dengan pakaian kebesaran Duke of Edinburgh yang menampilkan lambang Denmark, salib Yunani, Kastil Edinburgh dan garis-garis keluarga Mountbatten.

Tim Pengawal Genadier memimpin prosesi tersebut, diikuti oleh para panglima militer. Peti mati akan berhenti sejenak untuk menit-menit hening nasional pada 14:00 GMT (21:00 WIB) diiringi tembakan pistol dari East Lawn yang menandai awal dan akhir.

(eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK