Kerajaan Inggris Umumkan Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 19:45 WIB
Proses pemakaman Pangeran Philip,  The Duke of Edinburgh, dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (17/4) besok. Pangeran Philip semasa hidup. (Getty Images via AFP/SION TOUHIG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Proses pemakaman Pangeran Philip dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (17/4) besok.

Kerajaan Inggris telah merilis sejumlah detail pemakaman The Duke of Edinburgh tersebut mulai dari urutan upacara hingga daftar tamu yang hadir.

Dikutip Reuters, pemakaman Philip akan disiarkan langsung dari Kapel St. George, Istana Windsor, pada pukul 15.00 waktu setempat.


Sesuai rencana awal, proses pemakaman akan berlangsung tertutup untuk anggota kerajaan, bukan pemakaman kenegaraan.

Meski sudah tertutup untuk umum, jumlah tamu yang boleh hadir di proses pemakaman Philip juga harus dikurangi lagi menjadi hanya 30 orang. Hal itu berkaitan dengan protokol kesehatan pemerintah Inggris untuk mencegah penularan virus corona.

Proses kebaktian dilaporkan akan dimulai dengan mengheningkan cipta secara nasional. Seusai kebaktian, Philip akan dimakamkan di kapel Royal Vault.

Sekitar pukul 11.00 pagi, peti mati Philip akan dipindahkan oleh pasukan Ratu, Pengawal batalyon 1 Grenadier, dari kapel St. George ke Aula dalam Kastil Windsor

Upacara pemakaman akan dimulai sekitar pukul 14,00. Selama 15 menit, datasemen angkatan bersenjata Inggris seperti Angkatan Laut, Marinir, Pengawal Grenadier, Pasukan Senapan Gurkha, Korps Intelijen dan Highlanders akan berbaris di depan Kastil Windsor.

Antara pukul 14.20-14.27, para bangsawan dan sebagian anggota keluarga Philip akan pergi menggunakan mobil ke kapel St. George.

Pada pukul 14.27, Land Rover yang akan membawa peti mati Philip akan datang. Sekitar lima menit setelah kedatangan, peti mati Philip akan diangkut dari dalam aula Kastil Windsor.

Keluarga Philip yang akan mengikuti prosesi di dalam Kastil Windsor meliputi Pangeran Charles, Andrew, Edward, dan Putri Anne, bersama dengan cucu Philip, Pangeran William dan Harry. Mereka akan berjalan di belakang peti mati Philip yang akan ditempatkan di Land Rover.

Peti mati Philip akan tiba di kaki tangga barat Kapel St George pada pukul 14:53.

Peti mati akan berhenti sejenak untuk mengheningkan cipta nasional pada pukul 3 sore. Sebuah senjata yang ditembakkan dari East Lawn akan menandai awal dan akhir proses mengheningkan cipta.

Peti mati Philip kemudian akan dibawa ke tangga teratas untuk diterima oleh dekan Windsor dan Uskup Agung Canterbury, Justin Welby.

Uskup Agung lantas akan mengucapkan pemberkatan dan kemudian lagu kebangsaan dinyanyikan. Ratu dan pelayat lainnya kemudian akan meninggalkan kapel melalui Serambi Galilea.

Daftar Tamu

Sebanyak 30 tamu yang hadir di pemakaman Philip itu termasuk sang istri, Ratu Elizabeth, seluruh bangsawan senior Inggris beserta pasangan, dan anggota keluarga kerajaan utama Inggris.

Anggota keluarga kerajaan akan mengenakan mantel pagi dengan medali atau gaun siang hari. Kebaktian akan berlangsung selama 50 menit, seperti aturan yang diterapkan pemerintah terkait corona.

Paduan suara kecil beranggotakan empat orang akan menyanyikan musik yang dipilih oleh Philip sebelum meninggal dunia tanpa ada nyanyian jemaat. Ratu Elizabeth dikabarkan akan duduk sendiri selama kebaktian.

(rds/dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK