PM Thailand Telepon Jokowi Ungkap Alasan Tak Bisa ke Jakarta

CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 19:16 WIB
Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-Cha memastikan dirinya tidak bisa hadir dalam ASEAN Leaders Meeting di Jakarta pada Sabtu. Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-Cha. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-Cha memastikan dirinya tidak bisa hadir dalam ASEAN Leaders Meeting di Jakarta pada Sabtu (24/4).

Pernyataan itu diutarakan langsung oleh Prayut melalui sambungan telepon kepada Presiden Jokowi.

Menurut sumber pemerintah Thailand yang mengetahui percakapan kedua pemimpin, Prayut mengaku tak bisa hadir secara langsung ke Jakarta karena penularan virus corona (Covid-19) yang masih mengkhawatirkan di Thailand.


Dalam telepon itu, ia mengatakan kepada Jokowi bahwa dirinya akan diwakilkan oleh Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai, dalam pertemuan darurat ASEAN akhir pekan ini.

Prayut juga menyatakan "turut prihatin dan khawatir" terkait situasi di Myanmar dalam sambungan telepon itu.

Prayut menyadari bahwa situasi yang ada saat ini di Myanmar merupakan tantangan bagi "stabilitas dan perdamaian kawasan."

Dikutip Nikkei Asia, Prayut memang sebelumnya telah mengumumkan tak akan menghadiri KTT ASEAN yang digelar khusus membahas situasi di Myanmar tersebut.

Namun, sejumlah pihak berspekulasi bahwa Jokowi berupaya membujuk Prayut agar mau datang ke Jakarta.

Sejauh ini, memang belum ada kepastian siapa saja yang akan menghadiri pertemuan pemimpin ASEAN tersebut.

Namun, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dan pemimpin kudeta Myanmar, Panglima Jenderal Min Aung Hlaing, memastikan akan menghadiri KTT tersebut di Jakarta.

Sementara itu, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan tidak akan menghadiri pertemuan Sabtu ini. Duterte menuturkan akan mengutus Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin, untuk mewakili dia dalam pertemuan itu.

(rds/dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK