KILAS INTERNASIONAL

India Darurat Oksigen sampai Bantuan Pencarian KRI Nanggala

CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 06:29 WIB
Darurat oksigen di India sampai bantuan negara sahabat untuk pencarian KRI Nanggala-402. Ilustrasi lonjakan permintaan oksigen medis akibat kenaikan kasus infeksi virus corona di India. (AFP/SANJAY KANOJIA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Kamis (22/4) kemarin. Mulai dari darurat oksigen di India sampai bantuan negara sahabat untuk pencarian KRI Nanggala-402. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. 22 Pasien Corona di India Meninggal Kehabisan Oksigen

Sebanyak 22 orang pasien infeksi virus corona (Covid-19) di India meninggal pada Rabu (22/4) akibat kehabisan oksigen.

Dilansir AFP, Kamis (22/4), ternyata hal itu terjadi akibat kebocoran pada tangki penampung oksigen yang berada di luar Rumah Sakit dr. Zakir Hussain di Nashik, sekitar 200 kilometer dari Kota Mumbai, negara bagian Maharashtra.


Kebocoran itu baru diketahui 30 menit kemudian. Pihak rumah sakit akhirnya sempat memutus sementara aliran oksigen untuk 60 pasien corona yang dalam kondisi kritis yang mengenakan alat bantu pernapasan (ventilator).

persediaan oksigen untuk rumah sakit di hampir seluruh wilayah di India menipis akibat lonjakan kasus infeksi corona.

Persediaan oksigen di seluruh rumah sakit pemerintah di ibukota New Delhi dilaporkan hanya cukup untuk delapan sampai 24 jam saja.

Sedangkan nasib persediaan oksigen di rumah sakit swasta lebih miris, yakni hanya cukup untuk lima jam saja.

Selain kelangkaan oksigen, hampir seluruh rumah sakit di New Delhi penuh menampung pasien corona.

[Gambas:Video CNN]


2. Salip AS, India Pecahkan Rekor 300 Ribu Kasus Harian Covid

India mencatat kasus harian Covid-19 mencapai lebih dari 300.000 kasus selama 24 jam terakhir pada Kamis (22/4).

Angka itu menjadi kasus harian tertinggi di dunia selama pandemi berlangsung, mengalahkan Amerika Serikat.

Mengutip Reuters, menurut laporan Kementerian Kesehatan India, lonjakan kasus di negara itu dalam sehari mencapai 314.835 kasus. Jumlah tersebut melampaui rekor Amerika Serikat yang pada bulan Januari dengan kasus harian Covid-19 sebanyak 297.439 kasus.

Penambahan itu membuat jumlah kasus corona di India hingga Kamis (22/4) menjadi sebanyak 15,93 juta orang, dengan angka kematian 184.657 orang.


3. Negara sahabat bantu penyelamatan KRI Nanggala-402

Sejumlah negara sahabat mengirim bantuan untuk menyelamatkan kapal selam TNI Angkatan Laut, KRI Nanggala-402, yang hilang kontak di perairan Bali.

Pemerintah Australia melalui Menteri Luar Negeri Marise Payne menyatakan siap mengerahkan personel dan kapal untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402.

Sedangkan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, menyatakan mereka mengirim kapal penyelamat MV Swift Rescue untuk membantu penyelamatan.

Angkatan Laut Malaysia (TLDM) juga mengirim kapal penyelamat kapal selam MV Mega Bakti untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402.

India juga mengerahkan bantuan untuk mencari KRI Nanggala-402. Mereka mengirim kapal yang dilengkapi wahana bawah air (DSRV) dan sistem pelacak Side Scan Sonar yang bisa mendeteksi benda hingga 1.000 meter di bawah laut. Selain itu, DSRV itu juga bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Sementara Korea Selatan menyiagakan personel dan kapal angkatan laut jika sewaktu-waktu akan dikirim untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402. Sebab, KRI Nanggala-402 pernah diperbaiki di galangan kapal di Korsel dan selesai pada 2012 silam.

[Gambas:Video CNN]

(ayp/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK