Arab Saudi Tutup Sekolah Turki Mulai Tahun Ini

CNN Indonesia | Kamis, 29/04/2021 19:40 WIB
Pemerintah Arab Saudi menutup delapan sekolah khusus berbahasa Turki yang berada di negara itu mulai tahun ini. Ilustrasi bendera Arab Saudi. (Diolah dari thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Arab Saudi menutup delapan sekolah khusus berbahasa Turki yang berada di negara itu mulai tahun ini.

Kedelapan sekolah itu berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional Turki.

Menurut keterangan sumber yang dikutip Daily Sabah, Kamis (29/4), delapan sekolah Turki itu tersebar di Ibu Kota Riyadh, Tabuk, Ta'if, Jeddah, Mekkah, Madinah, Dammam dan Abha.


"Kegiatan sekolah Turki akan ditutup pada akhir tahun akademik, dan para pelajar akan difasilitasi untuk memilih dan pindah ke sekolah yang dikehendaki," demikian isi pernyataan Kementerian Pendidikan Saudi, seperti dikutip Hurriyet Daily News.

Padahal, sebanyak 2.256 pelajar dari delapan sekolah Turki itu tidak ada yang fasih berbahasa Arab. Mereka diperkirakan bakal kesulitan jika harus melanjutkan pendidikan di sekolah yang berbahasa Arab.

Belum diketahui pasti alasan dibalik keputusan Saudi menutup delapan sekolah Turki itu. Namun, kedua negara berselisih dalam beberapa hal.

Salah satunya soal sikap kedua negara yang bertentangan soal lembaga Ikhwanul Muslimin. Ulama saudi menyatakan lembaga itu sebagai organisasi teroris karena paham yang dianut dinilai merusak persatuan umat Muslim.

Sementara Turki justru bersikap ramah terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin.

(ayp/ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK