KILAS INTERNASIONAL

Bill Gates Bercerai hingga Jembatan Kereta Ambruk di Meksiko

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 06:27 WIB
Miliarder Bill Gates dan Melinda Gates bercerai sampai jembatan kereta ambruk di Meksiko. Ilustrasi miliarder sekaligus pendiri Microsoft, Bill Gates. (NICHOLAS KAMM / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (4/5) kemarin. Mulai dari miliarder Bill Gates dan Melinda Gates bercerai sampai jembatan kereta ambruk di Meksiko. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Bill Gates dan Melinda Bercerai

Miliarder Bill Gates dan istri, Melinda Gates, memutuskan mengakhiri pernikahan setelah membina rumah tangga selama 27 tahun.

"Setelah melalui banyak pemikiran dan usaha dalam hubungan, kami membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan," bunyi pernyataan dalam akun Twitter pribadi Bill Gates, Selasa (4/5).


Keduanya tetap berkomitmen pada organisasi filantropi mereka, Bill and Melinda Gates Foundation, yang mereka dirikan pada tahun 2000, meski bukan sebagai pasangan.

"Kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif," kata pernyataan itu.

"Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase selanjutnya dalam hidup kami," lanjutnya.

Diketahui, keduanya merupakan ketua bersama sekaligus pengawas dari lembaga nirlaba Bill and Melinda Gates Foundation yang saat ini memiliki aset lebih dari US$51 miliar.

[Gambas:Video CNN]


2. Jembatan Layang Kereta di Meksiko Ambruk Menewaskan 24 Orang

Rel layang tempat kereta melintas di ibu kota Mexico City, Meksiko , ambruk dan menimpa ruas jalan di bawahnya pada Senin (3/5) malam waktu setempat.

Sebanyak 24 orang meninggal dalam kejadian itu.

Jalur metro, yang merupakan jaringan terbaru di Mexico City, dibangun ketika Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard menjadi Wali Kota pada 2006-2012. Ebrard dikenal sebagai orang dekat Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

Sejumlah pihak pun mempertanyakan tentang standar konstruksi dan pemeliharaan pada jaringan infrastruktur yang digunakan oleh jutaan orang setiap hari itu.

Bagian jalur metro yang ambruk itu disebut dibangun oleh salah satu perusahaan milik miliarder Meksiko, Carlos Slim. Juru bicaranya pun membenarkan informasi itu.

Pada 2014, pengganti Ebrard di kursi Wali Kota Mexico City, Miguel Angel Mancera, menangguhkan operasional puluhan stasiun di jalur metro yang sama karena perbaikan akibat keausan yang berlebihan.

Sebuah studi pun menyimpulkan bahwa ada masalah dengan desain, pengoperasian, dan pemeliharaan lintasannya.

[Gambas:Video CNN]


3. Kasus Covid India Tembus 20 Juta, Pemerintah Klaim Melambat

Total kasus Covid-19 di India menembus 20 juta pada Selasa (4/5). Namun, pemerintah setempat mengklaim bahwa penularan kasus Covid-19 di India mulai menunjukkan tanda perlambatan.

AFP melaporkan bahwa total kasus ini didapatkan setelah Kementerian Kesehatan India melaporkan 357.229 infeksi corona dalam 24 jam belakangan. Dengan penambahan tersebut, total kasus Covid-19 di India mencapai 20,3 juta sejak tahun lalu.

Sementara itu, India juga melaporkan 3.449 orang meninggal akibat Covid-19 dalam 24 jam belakangan. Dengan demikian, India sudah melaporkan total 222.408 kasus kematian sejak pandemi merebak pada 2020.

Meski demikian, seorang pejabat senior Kemenkes India, Lav Aggarwal, mengatakan bahwa data terbaru ini menunjukkan tren penurunan penularan corona di India.

[Gambas:Video CNN]

(ayp/ayp/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK