Sri Lanka Tutup Perbatasan dengan India demi Cegah Covid-19

CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 07:39 WIB
Sri Lanka menutup perbatasan dengan India demi mencegah penyebaran Covid-19 dari negara tetangganya yang sedang dilanda gelombang kedua corona tersebut. Ilustrasi. (Reuters/Navesh Chitrakar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sri Lanka menutup perbatasan dengan India demi mencegah penyebaran Covid-19 dari negara tetangganya yang sedang dilanda gelombang kedua corona tersebut.

Dengan keputusan pada Kamis (6/5) ini, pemerintah Sri Lanka melarang masuk penumpang pesawat dari India.

Selain itu, Angkatan Laut Sri Lanka juga meningkatkan patroli di perairan mereka untuk menghindari kehadiran kapal-kapal pukat dari India.


Merujuk pada keterangan Angkatan Laut Sri Lanka, mereka sudah menyetop 11 kapal yang menyeberangi perbatasan kedua negara.

Selain Sri Lanka, dua negara yang berbatasan langsung dengan India, yaitu Nepal dan Bangladesh, juga menutup perbatasannya demi mencegah penyebaran Covid-19.

Nepal menangguhkan penerbangan internasional dari India setidaknya hingga 14 Mei. Kini, Nepal hanya mengizinkan dua penerbangan sehari untuk membawa warga negaranya dari India.

[Gambas:Video CNN]

Saat ini, Nepal juga sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Rumah sakit di Nepal dilaporkan mulai kewalahan menangani pasien yang terus berdatangan.

Menurut pejabat kesehatan Nepal, saat ini mereka mengalami peningkatan 57 persen kasus Covid-19 ketimbang bulan lalu.

Sementara itu, Bangladesh juga menutup perbatasannya dengan India. Mereka melarang penerbangan dari India sejak 26 April lalu.

Bangladesh sendiri sudah memesan 10 juta dosis vaksin dari perusahaan India, tapi pengirimannya tertunda. Saat ini, Bangladesh sedang bernegosiasi untuk mendapatkan vaksin dari perusahaan China.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK