Lawan Covid-19, Tamil Nadu India Lockdown Mulai Senin 10 Mei

CNN Indonesia | Sabtu, 08/05/2021 14:41 WIB
Negara bagian selatan India, Tamil Nadu, akan memberlakukan penguncian wilayah (lockdown) untuk menekan gelombang kedua covid-19 pada 10-24 Mei 2021. Negara bagian selatan India, Tamil Nadu, akan memberlakukan penguncian wilayah (lockdown) untuk menekan gelombang kedua covid-19 pada 10-24 Mei 2021. Ilustrasi. (REUTERS/ADNAN ABIDI).
Jakarta, CNN Indonesia --

Negara bagian selatan India, Tamil Nadu, mengumumkan penguncian wilayah (lockdown) selama dua pekan pada Sabtu (8/5), waktu setempat. Upaya tersebut dilakukan setelah kasus kematian akibat virus corona (Covid-19) melesat tajam.

Kementerian Kesehatan India melaporkan 4.187 kematian baru selama 24 jam terakhir. Sedangkan kasus baru virus corona meningkat 401.078 orang, sehingga total sejak dimulainya pandemi menjadi 21,9 juta kasus.

Pejabat di Tamil Nadu mengatakan lockdown pada seluruh negara bagian akan dimulai pada Senin, 10 Mei 2021 dan berlaku hingga 24 Mei 2021


Toko-toko dan bisnis lainnya diizinkan buka pada Sabtu dan Minggu (8-9/5) untuk memberikan waktu kepada penduduk untuk mempersiapkan kebutuhan mereka sebelum lockdown menyeluruh dimulai.

Sedangkan kawasan Karnataka, rumah bagi ibu kota teknologi India, Bengaluru, mengumumkan pada Jumat malam bahwa mereka akan memperpanjang pembatasan pergerakan hingga 24 Mei.

Gelombang kedua pandemi virus korona di India telah membawa malapetaka bagi negara tersebut. Sistem perawatan kesehatan negara itu jatuh ke ambang kehancuran.

Tak hanya itu kondisi memprihatinkan juga terjadi saat tempat tidur rumah sakit dan oksigen langka.

Petugas kamar mayat dan kremasi juga telah bekerja optimal dalam menangani kasus kematian covid-19. Namun akibat banyaknya kasus kematian, untuk sementara pembakaran kayu dilakukan sampai ke lokasi parkir.

Sementara itu, pakar medis menyatakan jumlah kasus covid-19 dan kematian biasanya cenderung lebih tinggi daripada penghitungan resmi yang biasa diumumkan pemerintah.

(ryh/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK