Angela Merkel Desak AS Ekspor Vaksin Corona

CNN Indonesia | Minggu, 09/05/2021 04:56 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak Amerika Serikat untuk mengekspor vaksin virus corona yang dibuat di AS. Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak Amerika Serikat untuk mengekspor vaksin virus corona yang dibuat di AS.(Michael Kappeler / POOL / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak Amerika Serikat untuk mengekspor vaksin virus corona yang dibuat di AS.

"Sekarang setelah sebagian besar populasi Amerika telah divaksinasi, saya berharap kita dapat melakukan pertukaran komponen secara gratis dan membuka pasar vaksin," katanya dikutip dari AFP, Minggu (9/5).

Merkel menegaskan kembali penentangannya terhadap perusahaan farmasi untuk mencabut perlindungan kekayaan intelektual terhadap vaksin.


"Saya tidak berpikir bahwa pengabaian paten adalah solusi untuk membuat lebih banyak vaksin tersedia untuk lebih banyak orang," katanya.

"Sebaliknya, saya pikir kita membutuhkan kreativitas dan kekuatan inovasi perusahaan, dan bagi saya, itu termasuk perlindungan paten."

Pemimpin ekonomi terbesar Eropa itu menggarisbawahi pentingnya memacu inovasi. Merkel mengungkap vaksin adalah produk yang sangat sensitif dan saat ini produsen sudah bekerja dengan kecepatan tinggi untuk meningkatkan kapasitas, termasuk melalui kemitraan lisensi.

"Masalahnya bukan karena orang hanya mempertahankan hak patennya dan tidak mengambil tindakan," katanya.

Jerman adalah rumah bagi BioNTech, perusahaan yang bersama Pfizer mengembangkan vaksin Covid pertama yang disetujui untuk digunakan di Barat akhir tahun lalu.

Perusahaan Jerman lainnya, Curevac, sedang dalam tahap akhir uji klinis dan mengincar otorisasi di UE dalam beberapa minggu mendatang.

(AFP/age)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK