Pemuka Agama Hindu India Minta Dewi Corona Redam Pandemi

CNN Indonesia | Kamis, 27/05/2021 14:21 WIB
Sekelompok pemuka agama Hindu menggelar doa bersama di sebuah kuil di India untuk meminta para dewi virus corona menjinakkan pandemi. Ilustrasi pandemi virus corona di India. (REUTERS/DANISH SIDDIQUI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekelompok pemuka agama Hindu menggelar doa bersama setiap hari di sebuah kuil di India untuk meminta para dewi virus corona menjinakkan pandemi yang terus merongrong negara itu.

Dua patung yang melambangkan "Dewi Corona" telah dibangun di Kuil Kamatchipuri Adhinam, selatan Kota Coimbatore.

Para pendeta Hindu di lingkungan tersebut menggelar upacara penghormatan yang didedikasikan kepada dua patung Dewi Corona yang terbuat dari kayu cendana dan batu tersebut.


Para pemuka agama Hindu meninggalkan makanan dan persembahan lainnya di depan kedua patung tersebut sambil mengucapkan doa yang intinya meminta pandemi ini berakhir.

Para pendeta juga memandikan patung-patung tersebut dengan air kunyit dan susu.

"Bahkan dokter tidak dapat menangani besarnya situasi ini. Jadi kami beralih ke iman dan Tuhan sebagai jalan terakhir," kata pengelola kuil, Anandbharathi K, kepada AFP, Rabu (26/5).

Para pemuka agama Hindu berencana melanjutkan doa bersama dan menyembah patung Dewi Corona selama tujuh minggu ke depan.

Kota Coimbatore menjadi salah satu wilayah di India yang terdampak gelombang kedua penularan virus corona cukup parah. Dalam empat pekan terakhir, setidaknya 100 ribu warga Coimbatore meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19.

Sejak awal Maret, Kuil Kamatchipuri Adhinam pun sudah ditutup untuk para jamaah karena tingkat penularan corona di Coimbatore yang tinggi.

"Kami pernah memiliki kuil serupa untuk penyakit cacar air dan wabah penyakit lainnya di masa lalu," kata Anandbharathi K.

Setelah jumlah kasus corona berkurang di sebagian besar India, negara berpenduduk 1,3 miliar itu kembali dihadapkan oleh gelombang kedua penularan Covid-19 yang lebih ganas sejak Maret lalu.

Saat ini, India mencatat total kasus corona mencapai 27,3 juta dengan 315 ribu lebih meninggal. Pada Rabu (26/5) kemarin, kasus harian mencapai 196 ribudengan pertambahan kematian 3.511.

Rumah sakit di hampir seluruh penjuru India dengan cepat dipenuhi para pasien corona hingga membuat petugas medis kewalahan. Sebagian besar fasilitas kesehatan di India bahkan kekurangan tempat tidur dan pasokan oksigen hingga memaksa sebagian pasien bergejala berat tanpa perawatan medis.

Di tengah pandemi corona, warga India juga terancam infeksi jamur hitam yang mematikan.

Infeksi jamur hitam yang menyerang kalangan penderita Covid-19 di India juga terus meningkat.

Hal itu menyebabkan pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi memerintahkan seluruh negara bagian mulai menerapkan pemantauan ketat terhadap lonjakan penularan jamur hitam alias Mucormycosis tersebut.

(rds/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK