Bos Startup Jadi Ketua Partai Termuda dalam Sejarah Korsel

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 17:13 WIB
Lee jun-seok, seorang pendiri start up pendidikan yang kini berusia 36 menjadi ketua umum partai politik termuda sepanjang sejarah politik di Korea Selatan. Lee jun-seok, seorang pendiri start up pendidikan yang kini berusia 36 menjadi ketua umum partai politik termuda sepanjang sejarah politik di Korea Selatan. (REUTERS/POOL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lee Jun-seok, pendiri salah satu perusahaan rintisan (start up) di Korea Selatan (Korsel) terpilih menjadi Ketua Partai Kekuatan Rakyat (PPP) pada Jumat (11/6) pekan lalu.

Dengan menjadi partai oposisi konservatif tersebut, Jun-seok yang kini berusia 36 tahun itu pun menjadi pemimpin termuda parpol dalam sejarah Korea Selatan.

"Tugas terbesar kami adalah memenangkan pemilihan presiden," kata pria jebolan Universitas Harvard itu dalam pidato kemenangannya seperti dikutip Reuters, Senin (14/6).


Kemenangan Jun-seok berlangsung ketika publik Korsel semakin lelah dan kecewa dengan praktik politik tradisional Negeri Ginseng selama ini.

Dalam pidatonya, Jun-seok berjanji mengakhiri politik yang memecah belah yang selama ini berlangsung di Negeri Ginseng tersebut.

"Komitmen kami untuk membuat kesempatan yang adil tersedia bagi siapa saja akan membawa kami pada kemenangan dalam pilpres," kata Jun-seok.

Sebagai informasi, Jun-seok telah menjadi konsultan partai yang kini ia pimpin itu sejak 2011 silam. Ia menjadi konsultan di sana tak lama setelah mendirikan aplikasi rintisan ponsel pintar pendidikan.

Saat ini, PPP belum memilih calon presidennya. Di samping itu, usia Jun-seok pun belum cukup untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu tahun depan.

Dalam konstitusi Korsel, calon presiden setidaknya berusia 40 tahun ke atas.

Sementara itu, saat ini, Presiden Moon Jae-in sebagai petahana memiliki tiga kandidat kuat saingannya yang terdiri dari dua mantan perdana menteri dan seorang Gubernur Provinsi Gyeonggi.

(rds/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK