Beruang Ngamuk Masuk Kota di Jepang, 4 Orang Luka-luka

CNN Indonesia | Jumat, 18/06/2021 21:43 WIB
Sejumlah pemburu terpaksa menembak mati seekor beruang cokelat yang masuk ke Kota Sapporo di utara Jepang karena mengamuk. Ilustrasi beruang. (Pixabay/Alexas_Fotos).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pemburu terpaksa menembak mati seekor beruang cokelat yang masuk ke Kota Sapporo di utara Jepang karena mengamuk hingga melukai empat warga, Jumat (18/6).

Tiga korban teridentifikasi berusia 40, 70, dan 80 tahunan. Sementara itu, rincian satu korban lain tidak dipublikasi media lokal NHK.

Melalui akun Twitter, Pemerintah Kota Sapporo menuturkan beruang itu telah "dilumpuhkan, sementara itu, stasiun televisi lokal mengatakan para pemburu menembak beruang tersebut.


Dalam beberapa video yang beredar di media sosial, seekor beruang terlihat berlari di sepanjang jalan perumahan, melewati jalan yang sibuk.

Di suatu ruas jalan, beruang itu mencakar gerbang sebuah barak militer hingga menyebabkan para personel di gedung itu berpencar karena khawatir.

Satu dari empat korban luka amukan beruang merupakan seorang tentara. Satu korban luka lain adalah seorang tukang kayu yang terluka setelah beruang itu menyerangnya dari belakang.

Amukan beruang ini memicu penutupan sekolah di sekitar lokasi kejadian dan pembatalan beberapa penerbangan di bandara regional di kota itu.
Dilansir AFP, juru bicara pemerintah Sapporo, Katsunobu Kato, meminta warga di Hokkaido untuk lebih waspada.

"Total empat orang, termasuk satu anggota militer, telah diserang dan terluka oleh beruang cokelat. Kami menyampaikan simpati yang tulus kepada mereka," kata Kato.

"Pejabat Kota Sapporo, polisi Hokkaido, asosiasi perburuan lokal, dan lembaga terkait lainnya telah tiba di lokasi. Mereka mengoordinasikan upaya untuk menangkap beruang cokelat, atau jika dianggap perlu, memusnahkannya."

Beruang hitam Asia merupakan hewan asli yang menyebar di sebagian besar wilayah Jepang, sementara itu, beruang cokelat tersebar di Hokkaido dan wilayah utara Jepang lainnya.

Serangan beruang bisa dibilang jarang terjadi di Jepang. Namun, Japan Bear and Forest Society telah memperingatkan bahwa beruang yang tinggal di hutan lebih tertarik mendekat ke daerah yang dihuni manusia terutama ketika mereka mencari makanan.

(rds/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK