HUT DKI JAKARTA KE-494

Jakarta di Antara Gemerlap Kota Mega di Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 13:47 WIB
Di usia yang hampir menginjak lima abad, Jakarta bertransformasi menjadi kota megapolitan Indonesia. Namun tetap punya segudang masalah. Sejumlah warga menyeberang di zebra cross Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jakarta merayakan hari ulang tahun ke-494 pada hari ini, Selasa (22/6).

Di usia yang hampir menginjak lima abad itu, Jakarta bertransformasi menjadi kota megapolitan Indonesia.

Tak kalah dengan gemerlap kota besar lainnya di dunia, ibu kota Indonesia itu juga menoreh sederet prestasi dan penghargaan bergengsi internasional.


Baru-baru ini, Jakarta meraih Sustainable Transport Award (STA) 2021 atau penghargaan transportasi berkelanjutan. Ini merupakan kedua kalinya Jakarta menyabet gelar serupa sejak 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penghargaan itu didapat berkat program integrasi antarmoda transportasi publik di ibu kota RI tersebut.

"Alhamdulillah, Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dunia dalam Sustainable Transport Award 2021. Saya turut berbangga dengan pencapaian Jakarta dalam peningkatan inovasi transportasi terintegrasi," kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meninjau memantau pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I sore di Stasiun MRT Senayan, Jakarta. Senin 11 Juni 2018. MRT fase I menghubungkan Lebak Bulus hingga Bundaran HI saat ini progres konstruksi dari proyek itu sudah mencapai 94,19%. CNN Indonesia/Andry NovelinoMRT Jakarta. CNN Indonesia/Andry Novelino

Anies mengatakan penghargaan itu, "Pengingat bahwa kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin."

Gelar itu diraih Jakarta dengan mengalahkan kota-kota besar dunia yang beberapa di antaranya: Auckland (Selandia Baru), Bogota (Argentina), Buenos Aires (Argentina), Frankfurt (Jerman), Moscow (Rusia), San Francisco (Amerika Serikat), dan Sao Paulo (Brazil).

Pada tahun lalu, Jakarta menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar 'Honorable Mention'.

Jakarta juga menjadi kota pertama di ASEAN yang menerima penghargaan itu.

STA merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada kota yang menunjukkan komitmen, kemauan politik, serta visi dalam bidang transportasi berkelanjutan dan pembangunan perkotaan.

Pekerja menyelesaikan proyek Stasiun LRT Jabodebek dan long span Kuningan - Dukuh Atas di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Kamis, 16 Juli 2020. Stasiun tersebut nantinya akan terkoneksi dengan kawasan terpadu transit oriented development (TOD) yang menggabungkan moda transportasi MRT, kereta commuter line, kereta bandara, dan bus Transjakarta. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaPekerja menyelesaikan proyek Stasiun LRT Jabodebek dan long span Kuningan - Dukuh Atas di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Kamis, 16 Juli 2020. CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Menurut Anies, upaya Jakarta memodernisasi transportasi publik secara berkelanjutan menjadi salah satu alasan mengapa Jakarta mampu menyabet penghargaan STA.

Mulai dari pembangunan ruas tol, sistem integrasi miko bus atau angkot dengan TransJakarta (JakLingko), pembangunan LRT-MRT, perombakan sistem KRL, hingga pembangunan ratusan kilometer jalur sepeda.

Selama ini, pemimpin DKI Jakarta juga kerap diundang menjadi pembicara di forum-forum kota dunia. Pada Juli 2019, Anies diundang menjadi pembicara World Cities Summit di Medellin, Kolombia.

Di tahun yang sama, Anies juga mewakili Jakarta hadir dalam Urban Mayor Summit di Tokyo dan Singapura pada Mei 2019 tentang Perencanaan Pembangunan Kota.

Sementara itu, pada 2016, di bawah kepemimpinan mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Jakarta juga meraih gelar National Earth Hour Capital dalam ajang Earth Hour City Challenge (EHCC) tahun 2015 dan 2016 dari World Wildlife Fund (WWF).

Organisasi pemerhati lingkungan itu menilai Jakarta layak menjadi panutan bagi kota-kota lainnya di Indonesia dalam hal ambisi, upaya dan rencana kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Lanskap gedung perkantoran di Jakarta, Selasa, 22 September 2020. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resmi resesi pada kuartal III-2020. Hal itu menyusul revisi proyeksi yang dilakukan Kementerian Keuangan. Update proyeksi perekonomian Indonesia untuk tahun 2020 secara keseluruhan menjadi minus 1,7% sampai minus 0,6%. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)Potret gedung perkantoran di Jakarta. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Selain Indonesia, 16 kota lain di dunia yaitu BeloHorizonte (Brazil), Boulder (Amerika),Chiangrai (Thailand), Edmonton (Kanada), Hue City (Vietnam),Lappeenranta (Finlandia),Montería (Kolombia), Murcia (Spanyol), Petaling Jaya (Malaysia), Quito (Ekuador),Rajkot (India), Santa Rosa (Filipina),Shenzhen (China), City of Singapore (Singapura),Tshwane (Afrika Selatan), danUmeå (Swedia) juga mendapat penghargaan serupa.

Pada 2014, Jakarta bersama Kota Surabaya juga dinilai sebagai kota bertaraf global. Berdasarkan hasil studi perusahaan konsultan A.T Kearney, Jakarta ada di peringkat pertama dari 34 kota sebagai kota paling global.

A.T Kearney menganalisis sebanyak 34 kota di sejumlah negara berkembang berdasarkan 24 parameter yang terbagi dalam lima dimensi, yakni aktivitas bisnis, sumber daya manusia (SDM), pertukaran informasi, pengalaman sosial budaya, dan kestabilan politik.

Analisis mereka menyimpulkan Jakarta berpotensi untuk berkembang seperti kota-kota di dunia termasuk New York.

Head of Asia Pasific A.T. Kearney John Kurtz mengungkapkan bahwa dari hasil studi tersebut Jakarta menduduki peringkat pertama. Disusul dengan Manila (Filipina), Addis Ababa (Etiopia), Sao Paulo (Brasil), Rio de Janeiro (Brasil), Bogota (Kolombia), serta Mumbai (India).

Masalah Klasik Jakarta: Macet, Banjir, Ketimpangan Sosial

Jakarta dan 'Sejuta' Masalah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK