Menlu AS Sebut Jerman Kawan Terbaik Hadapi Provokasi Rusia

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 02:22 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyatakan Jerman merupakan teman terbaik dalam menghadapi dinamika geopolitik dunia. Menlu Amerika Serikat Antony Blinken menyebut Jerman adalah kawan terbaik negaranya yang ada di dunia (Getty Images via AFP/Bryan Bedder)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyatakan Jerman merupakan teman terbaik yang ada saat ini. Dia bicara demikian tak lepas dari sikap AS-Jerman dalam menanggapi provokasi Rusia.

Mengutip AFP, Blinken mengatakan itu saat berada di samping Kanselir Jerman Angela Merkel.

"Saya kira cukup adil kalau Amerika Serikat dianggap tak memiliki mitra yang lebih baik, tak ada teman yang lebih baik di dunia selain Jerman," kata Blinken.


Blinken menegaskan bahwa AS dan Jerman akan berdiri bersama melawan tindakan provokatif Rusia di berbagai belahan dunia. AS dan Jerman disebut akan bersama-sama dalam menyikapi perkembangan geopolitik dunia.

"Apakah itu melanggar batas wilayah Ukraina atau memenjarakan Alexei Navalny atau menyebarkan disinformasi," kata Blinken.

Blinken berkunjung ke Jerman untuk pertama kalinya sejak menjabat sebagai Menlu AS. Di masa kepempimpinan Presiden Joe Biden, Blinken ditugasi memperbaiki hubungan diplomasi dengan negara-negara lain.

Setelah Jerman, Blinken akan bertolak ke Italia dan Prancis. Sebelumnya, Pemerintah AS yang baru juga sudah mengadakan pertemuan dengan Jepang, Korea Selatan serta Kanada.

(AFP/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK