MA Meksiko Cabut Larangan Penggunaan Ganja Rekreasi

CNN Indonesia | Sabtu, 10/07/2021 23:31 WIB
Mahkamah Agung Meksiko membatalkan pasal UU menyatakan penggunaan ganja rekreasi oleh orang dewasa sebagai tindak kejahatan. Ilustrasi daun ganja. (AP/Fernando Llano)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mahkamah Agung Meksiko membatalkan pasal dalam undang-undang yang menyatakan penggunaan ganja untuk rekreasi oleh orang dewasa sebagai tindak kejahatan.

Mereka juga menyatakan larangan penggunaan ganja yang tercantum di dalam undang-undang kesehatan setempat inkonstitusional. Keputusan itu disampaikan MA Meksiko setelah pembahasan Rancangan Undang-Undang Legalisasi Ganja di Kongres Meksiko mandek.

"Hari ini adalah hari bersejarah bagi kebebasan," kata Ketua MA Meksiko, Arturo Zaldivar, seperti dilansir AFP.


Zaldivar menyatakan keputusan itu disetujui oleh sebelas hakim agung MA Meksiko.

Keputusan itu disampaikan MA Meksiko setelah Kongres tak kunjung menyampaikan keputusan dalam pembahasan draf RUU Legalisasi Ganja, yang seharusnya selesai pada 30 April lalu seperti yang ditetapkan oleh MA Meksiko.

RUU itu disetujui oleh majelis rendah Kongres Meksiko pada Maret lalu, tetapi masih memerlukan persetujuan Senat.

Pada April lalu, kelompok mayoritas Senat menyatakan akan menunda pembahasan RUU Legalisasi Ganja itu hingga September mendatang.

Padahal RUU itu bertujuan untuk menekan aksi kekerasan yang terkait dengan peredaran narkoba, yang merenggut nyawa ribuan orang setiap tahun di negara itu.

(ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK