Duterte dan Putrinya Didukung Jadi Capres-Cawapres Filipina

CNN Indonesia | Kamis, 15/07/2021 04:34 WIB
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, dan putrinya, Sara Duterte-Carpio, meraih dukungan publik untuk maju dalam pilpres tahun depan. Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Ted ALJIBE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan putrinya Sara Duterte-Carpio meraih dukungan publik untuk maju dalam pilpres tahun depan.

Sebuah jajak pendapat menunjukkan dukungan publik bagi Duterte untuk berkuasa lebih lama.

Seperti dikutip dari Reuters, Survei Pulse Asia menempatkan Duterte di urutan teratas sebagai kandidat wakil presiden dengan meraih 18 persen suara.


Sedangkan putrinya, Sara berada di peringkat nomor satu sebagai kandidat presiden dengan 28 persen dukungan.

Survei tersebut melibatkan 2.400 responden yang diadakan dari 7 hingga 16 Juni.

Duterte yang dilarang oleh konstitusi untuk mencalonkan diri kembali, akan mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden pada Juni 2022.

Tetapi dia mendapat dukungan untuk mencalonkan diri kembali sebagai wakil presiden. Pria 76 tahun itu pekan lalu menyatakan siap mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Sara Duterte yang juga menggantikan sang ayah sebagai wali kota Davao City, menjadi kandidat paling diunggulkan dalam jajak pendapat calon presiden Filipina.

Wanita 42 tahun tersebut menempati urutan teratas jajak pendapat tiga kali berturut-turut.

Duterte sendiri sebenarnya kurang sreg jika putrinya mencalonkan menjadi presiden.

Januari lalu dia pernah berpendapat bahwa presiden bukanlah pekerjaan untuk perempuan, sebab ada perbedaan emosional antara wanita dan pria.

Kala itu Duterte mengungkapkan hal tersebut untuk menepis spekulasi bahwa putrinya akan ikut pilpres tahun depan untuk menggantikannya.

Sara sendiri saat itu juga mengaku tidak berniat untuk mencalonkan diri menjadi presiden.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK