Putin dan Pejabat Rusia Ucapkan Selamat Idul Adha

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 08:01 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha kepada umat Muslim dunia pada Selasa (20/7) lalu. Presiden Rusia, Vladimir Putin. (AFP/ALEXEI DRUZHININ)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha kepada umat Muslim dunia pada Selasa (20/7) lalu.

Putin mengatakan Iduladha menggambarkan asal-usul dan nilai-nilai Islam sesungguhnya yakni belas kasih, keadilan, kesalehan, sikap hati-hati, dan keramahan.

"Ideal humanistik dan moral yang tinggi ini, yang menjadi dasar semua agama dunia, berfungsi sebagai kekuatan pemersatu yang kuat, berkontribusi untuk memperkuat kerukunan antaretnis dalam masyarakat dan melestarikan keragaman budaya dan tradisi asli rakyat kita," kata Putin dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan situs Kremlin.


Senada dengan Putin, Perdana Menteri Rusia, Mikhail Mishustin, juga ikut mengucapkan selamat Iduladha melalui pernyataan terpisah. Ia mengatakan hari raya ini adalah "waktu untuk berdoa, berbuat baik, menjaga kerabat, dan teman."

"Hari ini, warga Muslim di Rusia melakukan banyak hal untuk interaksi konstruktif dengan otoritas negara, pengembangan dialog antaragama. Aktivitas pendidikan yang hebat dari para pemimpin agama pantas mendapatkan penghormatan yang tulus, berkat tradisi Islam yang berusia berabad-abad, budaya yang unik, dan pendidikan. dilestarikan, universitas (Islam) dibuka, monumen arsitektur sedang dipulihkan, masjid baru sedang dibangun," kata Mishustin seperti dikutip kantor berita Anadolu Agency.

Dia menekankan upaya masyarakat Muslim selama ini yang bertujuan memperkuat hubungan keluarga, mendidik kaum muda, dan menegaskan cita-cita saling menghormati dan toleransi dalam masyarakat Rusia.

Walikota Moskow, Sergei Sobyanin, juga ikut mengucapkan pernyataan serupa untuk memperingati Iduladha. Sobyanin mengatakan Iduladha dapat menyatukan umat antaragama dan membawa sikap hati-hati terhadap tradisi Islam.

"Iduladha membawa makna moral yang dalam, mendorong seseorang untuk berpikir tentang nilai-nilai abadi yang dekat dengan setiap orang yakni ketabahan spiritual, belas kasihan, cinta sesama," katanya.

Sobyanin memuji kontribusi umat Islam untuk pengembangan dialog antaragama, proyek budaya dan pendidikan dan berharap semua Muslim "sehat, damai, sejahtera, sukses dalam usaha dan perbuatan."

Iduladha merupakan salah satu hari raya umat Islam. Dalam sejarahnya, Iduladha berawal ketika Nabi Ibrahim A.S., diminta mengorbankan putranya, Nabi Ismail A.S., atas perintah Allah S.W.T.

Sebagai imbalan ketakwaan Nabi Ibrahim A.S., dan keikhlasan Nabi Ismail A.S., Allah S.W.T., kemudian berseru dengan firmannya dengan mencukupkan mereka melakukan penyembelihan seekor kambing sebagai kurban.

Rusia memiliki populasi Muslim terbesar di Eropa. Islam adalah agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen, dengan sekitar 30 juta Muslim.

(rds/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK