India Beri Bantuan Oksigen Cair dan Konsentrator

eks, CNN Indonesia | Sabtu, 24/07/2021 23:25 WIB
India memberikan bantuan oksigen cair dan konsentrator Bantuan Oksigen Likuid dan Konsentrator oksigen pemerintah India. (dok. Kemenlu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah India memberikan bantuan 300 unit konsentrator oksigen dan 100 MT (metrik ton) oksigen cair (Liquid Medical Oxygen/ LMO) untuk penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia

Seluruh unit bantuan telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (24/7). Bantuan lantas diserahterimakan oleh Dubes India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti, kepada Kementerian Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Pusat Krisis, Dr. dr. Eka Jusup Singka, M,Sc.

"Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah India atas bantuan yang telah disampaikan, yang akan sangat berguna dalam penanganan Covid-19 di Indonesia," demikian tertulis dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri.


Dalam sambutannya, Dubes India untuk Indonesia menyampaikan komitmen dan harapan India untuk terus bekerja sama dengan Indonesia dalam penanganan pandemi, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Konsentrator dan oksigen medis yang diterima langsung disalurkan melalui Kementerian Kesehatan kepada berbagai pihak yang membutuhkan.

Pada kesempatan sebelumnya, Indonesia juga pernah mengirimkan bantuan serupa kepada India, saat negara tersebut mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang luar biasa di bulan Mei lalu.

India merupakan negara mitra komprehensif strategis bagi Indonesia di kawasan, dan kedua negara terus mengembangkan kerja sama di berbagai bidang, baik melalui forum bilateral, regional, maupun multilateral.

Saat itu, total Indonesia memberikan bantuan 3.400 unit tabung oksigen ke India untuk membantu korban Covid-19. Selain itu, diserahkan juta 200 konsentrator oksigen. Saat itu, India menghadapi lonjakan parah Covid-19 di mana mereka sempat mencatatkan 400 ribu kasus harian dan 4.000 kematian dalam sehari.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD meminta kepada publik tak menjadikan polemik soal bantuan ratusan oksigen dari pemerintah Indonesia untuk India, Mei lalu. Mahfud mengingatkan hal tersebut lumrah dalam hubungan internasional antara negara.

"Pada waktu itu kan bantu awal Mei ketika tingkat kesembuhan di negara kita hampir selalu lebih tinggi dari terinfeksi," kata Mahfud dalam tayangan video yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (9/7).

Lagi pula kata Mahfud, stok oksigen di Indonesia saat itu bisa dikatakan banyak. Wajar jika pemerintah berinisiatif memberi bantuan kepada India.

Polemik yang muncul soal kiriman gas ke India diketahui salah satunya digulirkan oleh Partai Keadilan Sejahtera.

PKS mengkritik langkah pemerintah yang akan mengimpot konsentrator dari Singapura guna memenuhi kebutuhan oksigen di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19. Kritik disampaikan lantaran pemerintah pernah mengekspor tabung oksigen ke India beberapa waktu lalu.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK