Kasus Harian Covid di Korsel Pecah Rekor, Tembus 1.896 Orang

CNN Indonesia | Rabu, 28/07/2021 13:14 WIB
Korea Selatan mencatat rekor penambahan kasus harian Covid-19 tertinggi dengan 1.896 orang, Rabu (28/7). Lonjakan kasus didominasi varian Delta. Ilustrasi pandemi virus corona di Korea Selatan. (AP/Ahn Young-joon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan mencatat rekor penambahan kasus harian Covid-19 tertinggi dengan 1.896 orang Rabu (28/7). Lonjakan kasus itu didominasi oleh virus corona varian Delta.

Jumlah tersebut mengalahkan rekor sebelumnya pada 22 Juli dengan 1.838 kasus.

Seperti dikutip dari Reuters, Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengatakan sebanyak 1.823 kasus ditularkan secara lokal. Dari jumlah itu sebanyak 611 atau 33,5 persen berasal dari luar wilayah Seoul.


Angka itu merupakan jumlah tertinggi pertama di luar wilayah metropolitan ibu kota sejak gelombang pandemi Covid menghantam.

Meningkatnya jumlah kasus di Negeri Ginseng itu dipicu varian Delta yang disebut lebih menular. Pada pekan ketiga Juli, sebanyak 48 persen kasus baru teridentifikasi sebagai varian Delta.

Pejabat senior Kementerian Kesehatan Korea Selatan Sohn Young-rae memperkirakan, lebih dari 50 persen kasus baru terkait dengan varian Delta pada pekan ini, demikian dikutip dari Yonhap News.

Ia juga mengatakan otoritas kesehatan perlu menekan penyebaran varian itu dengan tindakan yang lebih ketat dan lebih cepat.

Sohn mengimbau warga agar betul-betul mematuhi pedoman pembatasan, termasuk aturan pemakaian masker, cuci tangan demi terhindari dari varian tersebut.

Mengantisipasi lonjakan kasus lebih tinggi, pemerintah Korsel menetapkan pembatasan yang lebih ketat selama liburan musim panas di negara itu.

Untuk wilayah Seoul tetap berada di level 4, dengan aturan melarang pertemuan lebih dari dua orang setelah pukul 6 sore.

Berdasarkan data statistik Worldometer, secara kumulatif total kasus corona di Korsel mencapai 193 ribu dengan 2.083 kematian.

(isa/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK