Israel Kembali Tembak Mati Pria Palestina, Tepi Barat Membara

ayp, CNN Indonesia
Jumat, 30/07/2021 03:50
Ilustrasi bentrokan aparat keamanan Israel dan penduduk Palestina di Tepi Barat. (AFP/JAAFAR ASHTIYEH)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang lelaki Palestina, Shawkat Awad (20), tewas ditembak tentara Israel dalam bentrokan di Hebron, Tepi Barat, pada Kamis (29/7) di tengah proses pemakaman jasad bocah setempat yang dibunuh tentara Israel sehari sebelumnya.

Dilansir Reuters, Jumat (30/7), sejumlah saksi menuturkan peristiwa itu dimulai saat para penduduk yang mengantarkan jenazah Muhammad Al Alami (12) ke makam melempar batu ke arah aparat keamanan Israel.

Para saksi kemudian mengatakan aparat keamanan Israel lantas membalas lemparan batu itu dengan menembakkan senapan mereka ke udara.


Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, Awad meninggal akibat ditembak tentara Israel dan meninggal di rumah sakit. Selain itu, 12 penduduk Palestina yang ada di kerumunan itu juga mengalami luka tembak.

Sedangkan Al Alami dibunuh aparat keamanan Israel dengan luka tembak di dada pada Rabu lalu. Saat itu dia tengah menumpang mobil bersama ayahnya.

Menurut klaim militer Israel, seorang tentara mereka berdalih ingin menembak roda mobil yang ditumpangi Al Alami dengan alasan kendaraan itu dicurigai terlibat dalam kegiatan yang mencurigakan sehari sebelumnya.

Kini militer Israel mengklaim mereka tengah menyelidiki kejadian itu.

Gelombang kekerasan aparat keamanan Israel di kawasan Tepi Barat yang mereka jajah terus terjadi dalam sepekan ini. Pada Selasa lalu tentara Israel menembak mati seorang warga Palestina yang baru pulang kerja dengan dalih dicurigai akan menyerang lantaran memegang sebatang linggis.

Hal itu membuat situasi di kawasan itu kembali tegang yang dikhawatirkan bisa kembali memicu aksi saling serang seperti yang terjadi pada Ramadan lalu.

(ayp/ayp)


KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
TERPOPULER
LAINNYA DARI DETIKNETWORK