Kapal Tanker Israel Diserang di Laut Arab, Iran Jadi Tertuduh

ayp, CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 01:08 WIB
Dua orang tewas dalam serangan terhadap kapal tanker yang dioperasikan perusahaan Israel di Laut Arab, lepas pantai Oman. Ilustrasi kapal tanker. Dua orang tewas dalam serangan terhadap kapal tanker Mercer Street yang dioperasikan perusahaan Israel di Laut Arab, lepas pantai Oman. (ATTA KENARE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Serangan terhadap kapal tanker Mercer Street yang dioperasikan perusahaan Israel di Laut Arab, lepas pantai Oman menewaskan dua awak berkebangsaan Inggris dan Rumania.

Dilansir Channel News Asia, kapal Mercer Street yang berbendera Liberia dioperasikan oleh perusahaan asal Israel, Zodiac Maritime. Menurut laporan awal kapal itu hendak dibajak oleh perompak.

Sedangkan menurut keterangan lembaga penyedia informasi keamanan kelautan Operasi Perdagangan Laut Inggris (UKMTO) serangan itu bukan aksi pembajakan. Angkatan bersenjata Inggris menyatakan masih mengusut kejadian serangan terhadap kapal tanker yang dioperasikan perusahaan jutawan asal Israel, Eyal Ofer.


"Kami mengetahui laporan serangan terhadap sebuah kapal dagang di lepas pantai Oman. Markas Besar Angkatan Bersenjata Inggris di wilayah itu sedang melakukan penyelidikan," demikian isi pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

Dalam keterangan UKMTO disebutkan kapal itu diserang di wilayah perairan pada jarak sekitar 280 kilometer di sebelah timur laut pelabuhan Duqm, Oman. UKMTO adalah lembaga pengawas keamanan pelayaran dibawah kendali Angkatan Laut Inggris.

Laporan surat kabar Israel, Yediot Ahronot, menyebutkan terjadi dua kali serangan terhadap kapal Mercer Street dengan selisih beberapa jam. Serangan pertama tidak memicu kerusakan, sedangkan pada serangan kedua mengenai anjungan kapal dan menelan dua korban jiwa.

Menurut sumber Kementerian Pertahanan AS, serangan terhadap kapal tanker itu diduga dilakukan menggunakan pesawat nirawak (drone).

Tudingan pelaku serangan terhadap tanker itu mengarah kepada Iran. Akan tetapi, sampai saat ini pemerintah Israel dan Iran belum memberikan pernyataan apapun terkait peristiwa itu.

Zodiac Maritime dalam keterangan pers menyatakan salah satu kapal yang mereka operasikan, yang merupakan milik perusahaan Jepang, diserang.

Menurut data situs pelacak kapal Eiko, Mercer Street adalah kapal berukuran dan sedang dalam perjalanan menuju Fujairah, Uni Emirat Arab, dari Dar Es Salaam, Tanzania.

Zodiac Maritime adalah bagian dari kelompok usaha Grup Zodiac. Lini usaha mereka meliputi perkapalan, properti, teknologi, perbankan dan penanaman modal.

Pada tahun ini majalah Forbes menyatakan Ofer berada pada posisi ke-197 orang terkaya di dunia, dengan nilai kekayaan mencapai US$11.3 miliar (sekitar Rp163.3 triliun).

Iran dan Israel yang merupakan seteru di kawasan Timur Tengah kerap saling tuduh terhadap insiden serangan kapal dagang di Laut Arab. Kawasan perairan dikelilingi Samudra Hindia itu menjadi tempat beroperasi para perompak dalam beberapa dasawarsa lalu.

Situasi perairan itu berangsur aman setelah sejumlah negara mengirim kapal perang mereka ke kawasan itu untuk mengawal kapal dagang, patroli dan mengikuti operasi gabungan menumpas perompak.

(ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK