Kasus Harian Tokyo Tertinggi, Lebih dari 4 Ribu Terinfeksi

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 16:18 WIB
Pejabat kota Tokyo mengkonfirmasi kasus Covid-19 pada Sabtu (31/7) mencapai 4.058 kasus yang merupakan rekor dalam penambahan kasus harian. Ilustrasi Jepang. Negara tuan rumah Olimpiade 2020 ini tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19. (AP/Koji Sasahara)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pejabat kota Tokyo mengkonfirmasi kasus Covid-19 pada Sabtu (31/7) mencapai 4.058 kasus yang merupakan rekor dalam penambahan kasus harian.

Angka tertinggi ini terjadi sehari setelah setelah pemerintah Jepang mengumumkan perpanjangan kondisi darurat di Tokyo dan Prefektur Okinawa serta empat prefektur lain.

Mengutip Japan Times, ini adalah kali pertama terjadi penambahan empat ribu kasus baru dalam satu hari. Jumlah itu naik 1.128 kasus dari yang dilaporkan minggu sebelumnya, yaitu 3.300 infeksi baru.


Penambahan hari ini juga melampaui rekor tertinggi sebelumnya yakni 3.865 kasus yang terjadi dua hari lalu.

Secara total, Jepang mencatatkan 10 ribu kasus baru pada Jumat (30/7), akibat varian Delta yang diketahui memiliki tingkat penularan yang sangat cepat. Ini adalah kali pertama Jepang mencatatkan pertambahan mencapai 10 ribu kasus. 

Sementara itu rata-rata kasus harian Covid-19 di Tokyo dalam sepekan mencapai 2.920 kasus, naik dari minggu sebelumnya yakni 1.345 kasus.

Sedangkan jumlah kasus Covid-19 dengan gejala berat di Tokyo bertambah tujuh orang sehingga kini menjadi 95 kasus. Otoritas setempat juga melaporkan tiga kematian akibat infeksi virus Corona.

Selanjutnya, Pemerintah Jepang memutuskan untuk kembali memberlakukan keadaan darurat -- kali keempat kebijakan ini diambil oleh Jepang. 

Kondisi darurat ini akan diterapkan di prefektur Tokyo dan Okinawa hingga 22 Agustus, dan akan diperpanjang hingga 31 Agustus.

Selain itu kebijakan juga berlaku di prefektur Hokkaido, Ishikawa, Kyoto, Hyogo dan Fukuoka mulai Senin (1/08) hingga akhir Agustus 2021.

Saat ini Tokyo, Jepang, tengah menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di dunia Olimpiade, sejak 21 Juli lalu. Pada Jumat, jumlah positif dari kampung atlet Olimpiade pun mencatatkan rekor tertinggi yaitu 27 kasus. 

(nly/vws)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK