Ismail Haniyeh Kembali Terpilih Pimpin Faksi Hamas Palestina

CNN Indonesia
Minggu, 01/08/2021 23:22
Dalam sebuah pemilihan internal, Ismail Haniyeh terpilih kembali untuk memimpin Hamas hingga empat tahun ke depan. (AFP PHOTO/SAID KHATIB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ismail Haniyeh telah terpilih kembali menjadi kepala faksi Hamas Palestina yang memerintah di Jalur Gaza.

Seperti dilansir dari Reuters, salah satu petinggi Palestina yang mengikuti proses pemilihan internal itu mengatakan,"Saudara Ismail Haniyeh terpilih lagi untuk memimpin di kantor politik ini untuk kedua kalinya."

Dengan demikian, Haniyeh akan kembali memimpin Hamas untuk empat tahun ke depan.


Sebagai informasi, di bawah kendalinya, Hamas beberapa kali terlibat konfrontasi bersenjata dengan Israel, termasuk konflik 11 hari pada Mei lalu.

Sebelumnya, Haniyeh dikenal sebagai tangan kanan pendiri Hamas, Sheikh Ahmed Yasin di Gaza. Ahmed Yasin tewas pada 2004 silam karena dibunuh.

Haniyeh juga dikenal sebagai yang membawa Hamas ke dalam peta politik Palestina pada 2006 silam. Saat itu, Hamas menjadi kejutan karena berhasil menjadi pemenng dalam pemilihan parlemen Palestina mengalahkan faksi Fatah yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas.

Setelah perang saudara yang singkat, Hamas merebut Gaza dari Otoritas Palestina yang didominasi Fatah, yang memiliki pemerintahan sendiri yang terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel, pada 2007. Israel telah menerapkan blokade Gaza sejak itu, dengan alasan ancaman dari Hamas.

(Reuters/kid)


KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
TERPOPULER
LAINNYA DARI DETIKNETWORK