MA Brasil Minta Selidiki Bolsonaro soal Klaim Pemilu Curang

CNN Indonesia | Kamis, 05/08/2021 05:43 WIB
Hakim MA Brasil memerintahkan Bolsonaro diselidiki atas tudingannya soal 'penipuan suara' dan penyebaran hoaks. Presiden Brasil jair Bolsonaro akan diselidiki terkait klaim tanpa bukti soal kecurangan Pilpres. (Foto: Mauro Pimentel / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mahkamah Agung Brasil memutuskan Presiden Jair Bolsonaro harus diselidiki soal tudingannya yang tidak terbukti soal sistem pemungutan suara Negeri Samba penuh dengan kecurangan serta soal penyebaran berita palsu oleh rezimnya.

Dikutip dari AFP, putusan Hakim Alexandre de Moraes itu datang setelah Bolsonaro kembali memainkan serangan lamanya dengan mengklaim ada kecurangan dalam sistem pemungutan suara elektronik Brasil.

Ia pun bersikeras tidak akan ada pemilihan tahun depan seperti yang dijadwalkan sebelumnya.


Pengadilan Tinggi Pemilu sebelumnya meminta Mahkamah Agung untuk mengeluarkan putusan usai menyelidiki Presiden dalam kasus seruan melawan sistem Pemilu Brasil.

Mahkamah Agung menyetujuinya. Bolsonaro pun harus menghadapi penyelidikan atas dugaan fitnah dan menghasut.

Pengadilan Pemilu sendiri akan menyelidiki presiden atas kasus penyalahgunaan jabatan, penggunaan saluran komunikasi resmi yang tidak tepat, korupsi, penipuan dan kejahatan potensial lainnya.

Bolsonaro sejak lama mengkritik pemungutan suara elektronik yang diperkenalkan di Brasil pada 1996. Jelang Pemilu pada Oktober 2022, ia bersikeras pemilu memakai kertas suara yang "dapat dicetak dan dapat diaudit".

Jajak pendapat Pilpres menempatkan politikus sayap kanan berusia 66 tahun itu jauh di bawah mantan presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva.

Sejumlah pihak khawatir Bolsonaro mencoba menggunakan klaim kecurangan untuk merusak Pemilu saat dia kalah, seperti yang dilakukan oleh mantan presiden AS Donald Trump, dan juga Prabowo Subianto di Pilpres Indonesia.

(AFP/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK