Norwegia Mulai Vaksinasi Anak 12 Tahun

CNN Indonesia
Sabtu, 04 Sep 2021 04:50 WIB
Norwegia akan mulai vaksinasi anak umur 12 tahun ke atas Foto ilustrasi vaksinasi pada anak. (iStock/FatCamera)
Jakarta, CNN Indonesia --

Norwegia akan mulai vaksinasi anak umur 12 tahun ke atas. Namun, Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg mengatakan, penggunaan vaksin ini hanya diberikan untuk dosis pertama.

Norwegia sendiri mengalami peningkatan infeksi Covid-19 sangat cepat, khususnya pada anak muda. Keadaan ini membuat pemerintah Norwegia menunda pelonggaran pembatasan sosial negara itu.

"Pemerintah tidak akan melanjutkan pembukaan kembali saat ini," kata Solberg, dikutip dari Reuters, Kamis (2/9).


Sementara itu mengutip dari The Local, Solberg menilai anak 12-15 tahun akan mendapatkan lebih banyak manfaat jika divaksin.

"Banyak infeksi terjadi di antara anak-anak dan remaja. Vaksin akan berkontribusi pada kelompok ini agar dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan normal," Solberg melanjutkan.

Lembaga Kesehatan Masyarakat Norwegia menyampaikan bahwa untuk kelompok usia tersebut, vaksin yang digunakan adalah Pfizer dan BioNTech. Selain itu, orangtua anak berperan besar dalam perizinan anak mereka menerima vaksin.

Melansir laman resmi WHO, lebih dari enam juta penduduk Norwegia telah menerima vaksin per 28 Agustus 2021. 72 persen dari penduduk Norwegia telah menerima dosis pertama vaksin, dan 57 persennya telah divaksinasi penuh.

Per tanggal 1 September, kasus Covid-19 di Norwegia mencapai 1.640 kasus dengan 822 kematian, dilansir Worldometers. Negara ini juga terus mengalami peningkatan kasus sejak pertengahan April 2021.

Solberg juga menyampaikan bahwa melonggarkan pembatasan sosial bukanlah hal yang tepat. Ia menilai pelonggaran pembatasan sosial dapat meningkatkan risiko masyarakat terkena Covid-19.



(isa/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER