Israel Siapkan Misi Lumpuhkan Serangan Iran

CNN Indonesia
Selasa, 07 Sep 2021 07:04 WIB
Israel disebut tengah menyiapkan misi untuk melumpuhkan potensi serangan Iran, termasuk meredam ancaman nuklir dari negara itu. Israel siapkan misi lumpuhkan serangan Iran. (AP/Ayal Margolin / JINIPIX)
Jakarta, CNN Indonesia --

Israel disebut tengah menyiapkan misi untuk melumpuhkan potensi serangan Iran, termasuk meredam ancaman nuklir dari negara itu.

Mengutip dari The Times of Israel, Kepala Angkatan Bersenjata Israel, Aviv Kohavi, mengatakan kepada Walla rencana itu sudah disiapkan dengan matang.

"Sejumlah bujet yang diajukan terkait pertahanan sudah disetujui dan ditujukan untuk misi itu. Ini misi yang bakal amat sulit dengan lebih banyak operasi intelijen, lebih banyak kemampuan operasional dan persenjataan," ujar Kohavi.


Tujuan utamanya menurut Kohav adalah meminimalkan peran Iran beroperasi di Timur Tengah dengan penekanan pada Suriah. Termasuk pula melumpuhkan serangan dari Hamas dan Hizbullah yang disebut sebagai milisi yang mendapat dukungan dari Iran.

Kohavi mengatakan serangan Israel sejauh ini mampu menekan kehadiran Iran termasuk persenjataan di daerah utara.

"Sangat aktif dalam mengganggu jalur penyelundupan Hizbullah, Hamas, dan Iran di seluruh kawasan," kata Kohavi.

Ia mengklaim serangan militer Israel akan sangat efektif di Timur Tengah. "Tak perlu menunggu serangan datang. Tapi sudah dipersiapkan, menetralkan (serangan) itu," tutur Kohavi.

Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, juga mengatakan bahwa Israel kemungkinan mengambil aksi militer melawan Iran.

"Israel tak akan ragu melakukannya. Saya tidak akan menampik kemungkinan Israel melakukan tindakan untuk mencegah nuklir Iran," kata Gantz.



(tim/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER