480 Warga Tewas dalam Serangan di Burkina Faso Sejak Mei

tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/09/2021 02:45 WIB
Sebanyak 480 warga sipil tewas dalam serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Burkina Faso sejak Mei lalu. Sebanyak 480 warga sipil tewas dalam serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Burkina Faso sejak Mei lalu. (Foto ilustrasi AFP/ISSOUF SANOGO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 480 warga sipil tewas dalam serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Burkina Faso sejak Mei lalu. Jumlah ini diungkap oleh Norwegian Refugee Council (NRC).

Selain itu, NRC juga mencatat terdapat peningkatan jumlah pengungsi dalam beberapa bulan terakhir. Sejak April lalu, lebih dari 275 ribu orang terpaksa mengungsi.

Menurut NRC, rata-rata setiap bulannya 55 ribu orang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Jumlah ini tiga kali lipat dibandingkan rata-rata pada bulan Oktober 2020 hingga Maret 2021.


Total, lebih dari,14 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena serangan KKB tersebut.

"Lambat dan tidak memadainya respons kemanusiaan memaksa orang untuk memilih, antara rasa tidak aman dan kelaparan," kata NRC, dikutip dari AFP.

Menurut NRC, banyak masyarakat yang terkepung serangan dan tidak memiliki makanan di rumah mereka.

NRC pun mengimbau agar pemerintah mengizinkan sejumlah organisasi untuk memberikan bantuan pada daerah-daerah yang terdampak.

Serangan terhadap masyarakat di Burkina Faso ini sudah berlangsung sejak 2015. Serangan ini sering menargetkan pekerja tambang emas.

Serangan yang diduga terkait dengan Al Qaeda dan ISIS ini telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan penduduk di seluruh Burkina Faso, Mali dan Niger mengungsi dalam beberapa tahun terakhir.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK