2 Biang Kerok Isu Konflik Internal Taliban

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 15:51 WIB
Berikut merupakan dugaan penyebab konflik antara dua kubu di Taliban. Foto ilustrasi. Taliban saat menggelar konferensi pers. (AP/Rahmat Gul)
Jakarta, CNN Indonesia --

Desas-desus konflik antara para petinggi Taliban kian ramai diperbincangkan, terlebih beberapa hari sejak Taliban resmi mengumumkan kabinet pemerintahan Afghanistan.

Perselisihan ini terungkap setelah salah satu pendiri Taliban yang juga Wakil Perdana Menteri, Mullah Abdul Ghani Barradar, sempat menghilang dari publik selama beberapa hari.

Banyak orang menduga petinggi Taliban ini meninggal dunia. Taliban langsung mempublikasikan rekaman suara yang diklaim adalah Baradar untuk membantahnya.


"Ada berita di media mengenai kematian saya," kata Baradar di awal rekaman, sebagaimana dikutip AFP.

Baradar kemudian menjelaskan bahwa beberapa hari terakhir, ia memang sedang dalam perjalanan bersama rekan-rekannya.

"Di mana pun saya berada sekarang, kami semua baik-baik saya, wahai saudara dan teman-temanku," ucap Baradar.

AFP tidak dapat mengonfirmasi keabsahan rekaman tersebut.

Insiden ini juga turut mengungkapkan masalah percekcokan yang terjadi dalam kelompok Taliban. Berikut merupakan dugaan penyebab konflik di Taliban:

1. Perebutan Klaim Kemenangan

Salah satu pejabat senior Taliban mengatakan para pentolan dua faksi yang bersaing dilaporkan berkelahi di istana presiden, di Kabul, demikian menurut laporan BBC, Rabu (15/9). Para faksi yang bersaing ialah kubu Baradar dan kubu Khalil ur-Rahman Haqqani. Keduanya terlibat debat sengit dan menyebabkan pendukung mereka saling berkelahi.

Anggota Taliban yang berbasis di Qatar dan salah satu orang yang mengetahui masalah itu membenarkan adanya pertengkaran kedua kubu pada Minggu (12/9). Baradar meyakini bahwa penekanan diplomasi yang dilakukannya lah yang berhasil memenangkan Taliban. Sementara kelompok Haqqani, yang dijalankan salah satu tokoh Taliban paling senior, mengatakan hal tersebut tercapai melalui pertempuran.

Baradar mengklaim bahwa upayanya berdiskusi dengan pihak AS di Doha, Qatar menjadi kunci kemenangan Taliban. Sementara itu, kelompok Haqqani menilai pertempuran yang mereka lakukan lah yang membuat Taliban kini berkuasa.

Baca penyebab lainnya dugaan konflik internal di halaman berikutnya...



2 Biang Kerok Isu Konflik Internal Taliban - Halaman 2

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK