Korsel Minta Tolong China Atasi Gelagat Korut soal Rudal

rds, CNN Indonesia | Jumat, 17/09/2021 08:34 WIB
Korsel minta China mendukung upaya perdamaian di Semenanjung Korea gagasan pemerintahannya, termasuk upaya denukliriasasi Korut. Menlu China, Wang Yi. (Foto: AFP/Massimo Percossi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Eui-yong dan Menlu China Wang Yo bertemu di Beijing pada Rabu (15/9) guna membahas uji coba rudal yang kembali dilakukan Korea Utara.

Dalam pertemuan dengan Wang Yi, Chung berharap China akan mendukung upaya Korsel dalam proses perdamaian di Semenanjung Korea.

Chung bersumpah Korsel akan terus membina perdamaian dengan Korut. Ia berharap bahwa Olimpiade Musim Dingin di Beijing tahun depan dapat memberikan kesempatan memulai upaya damai tersebut.


"Kami berharap China akan secara konsisten mendukung proses perdamaian di Semenanjung Korea gagasan kami," kata Chung saat memulai pembicaraan dengan Wang Yi.

Dikutip Reuters, China merupakan satu-satunyanya sekutu utama Korut selama ini. Beijing telah memainkan peran kunci dalam upaya menahan ambisi Korut mengembangkan senjata rudal dan nuklir.

Lawatan dua hari Chung ke Beijing berlangsung setelah Korut mengklaim berhasil menguji coba rudal balistik jarak jauh barunya pada akhir pekan lalu.

Sejumlah analis menuturkan rudal tersebut menjadikan Korut sebagai negara dengan senjata nuklir pertama yang memiliki teknologi semacam itu.

Korut juga kembali melakukan uji coba rudal balistiknya dari kereta pada Rabu (15/9). Korsel tak ingin kalah.

Beberapa jam setelahnya, Korsel juga meluncurkan uji coba rudal kapal selam (SLBM) juga dan mengklaim berhasil.

Secara terpisah, kepala negosiator nuklir Korsel, Amerika Serikat, dan Jepang bertemu di Tokyo pada awal pekan ini.

Kementerian Luar Negeri Korsel menuturkan pertemuan tersebut berlangsung guna memenuhi kebutuhan mendesak dalam melanjutkan perundingan denuklirisasi Semenanjung Korea yang sempat mandek.

Dalam pertemuan itu, utusan AS, Sung Kim, mengatakan Washington tidak berniat bermusuhan dengan Pyongyang dan berharap bahwa Korut akan segera menanggapi tawaran berdialog dari Gedung Putih.



(rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK