Manny Pacquiao dicalonkan Jadi Presiden Filipina

CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 18:39 WIB
Petinju Manny Pacquiao dinominasikan sebagai calon presiden Filipina oleh sebuah kubu dalam partai PDP-Laban. Petinju Manny Pacquiao dinominasikan sebagai calon presiden Filipina oleh sebuah kubu dalam partai PDP-Laban. (AFP/PATRICK T. FALLON).
Jakarta, CNN Indonesia --

Petinju Manny Pacquiao dinominasikan sebagai calon presiden Filipina oleh sebuah kubu dalam partai PDP-Laban. Kabar itu disampaikan oleh anggota kubu tersebut, Senator Aquilino "Koko" Pimentel III.

Sebagaimana dilansir Reuters, Pacquiao yang saat ini menjabat sebagai senator dinominasikan oleh kubu tersebut saat musyawarah nasional partai yang berkuasa di Filipina itu pada Minggu (19/9) ini.

Penominasian itu berlangsung beberapa hari setelah kubu lain dalam PDP-Laban menominasikan Presiden Rodrigo Duterte sebagai calon wakil presiden. Kemudian mereka menominasikan Senator Christopher "Bong" Go sebagai calon presiden.


Mengutip Rappler pada Minggu (19/9), Pacquiao menerima penominasian dari kubu partai PDP-Laban untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada 2022. Ia akan bersaing untuk menjabat posisi yang saat ini dipegang Duterte.

"Kami siap menghadapi tantangan kepemimpinan," kata Pacquiao dalam pidatonya.

Selain itu, anggota kubu yang mendukung Pacquiao membebaskannya untuk memilih pasangan dan daftar senatnya. Namun, sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai nama pasangan dan senator.

Sebelumnya, Pacquiao sempat menyatakan keinginan menjadi presiden Filipina. Hal itu ia sampaikan setelah kalah dari Yordenis Ugas dalam duel perebutan sabuk juara WBA Super kelas welter di T Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Agustus lalu.

"Yang pasti, saya akan membuat pengumuman tentang pencalonan saya sebagai presiden Filipina dalam satu bulan. Saya tahu itu akan terjadi dan akan jauh lebih sulit daripada bertinju, tetapi saya ingin membantu banyak orang di Filipina," kata Pacquiao kala itu.

(adp/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK