KILAS INTERNASIONAL

Taliban Main Perahu Bebek hingga Robot Mossad Bunuh Ahli Iran

has, CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 06:27 WIB
Sederet kabar meramaikan berita internasional Senin (20/9), dari anggota Taliban main perahu bebek hingga robot intelijen Israel, Mossad, bunuh ilmuwan Iran. Sederet kabar meramaikan berita internasional Senin (20/9), salah satunya viral foto anggota Taliban main perahu bebek. (AFP/Bulent Kilic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sederet kabar meramaikan berita internasional Senin (20/9), mulai dari viral foto anggota Taliban bermain perahu bebek di taman nasional hingga intelijen Israel, Mossad, dilaporkan bunuh ilmuwan nuklir Iran.

1. Viral Foto Taliban Main Perahu Bebek di Danau Taman Nasional

Tingkah laku para anggota Taliban setelah berkuasa terus menjadi sorotan. Kini, sejumlah foto viral di media sosial menunjukkan sekitar 20 anggota Taliban lengkap dengan senapannya bermain perahu bebek warna-warni di danau Taman Nasional Band-e Amir.

Salah satu fotonya menunjukkan seorang anggota Taliban mengarahkan granat bertenaga roket di atas perahu tersebut.


Foto itu langsung mengundang komentar warganet. Ada yang menyebutnya "Angkatan Laut Taliban." Ada pula yang khawatir wilayah itu tak lagi bisa dikunjungi.

Menurut laporan The National News, kunjungan Taliban ke wilayah itu untuk menyambangi anggota seniornya di Komisi Budaya, Anaamullah Samangani.

[Gambas:Video CNN]

2. Taliban Hanya Izinkan Perempuan Afghanistan Bersihkan WC

Wali Kota Kabul era Taliban, Hamdullah Nohmani, menyatakan bahwa semua pegawai negeri perempuan harus tetap di rumah, kecuali mereka yang pekerjaannya tak bisa digantikan lelaki, seperti membersihkan toilet.

"Awalnya, kami mengizinkan mereka semua untuk hadir mengerjakan tugas mereka tepat waktu. Namun kemudian, Emirat Islam memutuskan pekerjaan mereka harus dihentikan untuk beberapa waktu," kata Nohmani, seperti dikutip CNN.

"Kalau begitu, kami hanya mengizinkan perempuan yang kami butuhkan. Maksud saya, untuk pekerjaan yang tidak bisa dilakukan laki-laki, atau yang bukan pekerjaan laki-laki. Misalnya, ada toilet umum perempuan di pasar."

[Gambas:Video CNN]

3. Robot Mossad Israel Disebut Bunuh Ilmuwan Nuklir Iran

Ilmuwan nuklir Iran dilaporkan dibunuh teknologi robot buatan intelijen Israel, Mossad. Namun, pemerintah Iran membantah kabar tersebut.

The New York Times memberitakan bahwa Kepala Peneliti Pengayaan Nuklir Iran, Fakhrizadeh, dibunuh pihak Israel dengan teknologi robot Artificial Intelligence (AI) buatan Mossad.

Fakhrizadeh sebelumnya sudah diingatkan pihak intelijen bahwa akan ada upaya pembunuhan terhadapnya. Namun, sang ilmuwan top tersebut disebut tak menggubris peringatan dari pihak intelijen.

Ia disebut-sebut jadi target utama Israel setelah dicurigai menjadi pemimpin program bom nuklir Iran. Israel dikabarkan sudah 14 tahun mengincar Fakhrizadeh.

(has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK