Taliban: Tidak Ada ISIS atau Al-Qaeda di Afghanistan

CNN Indonesia | Rabu, 22/09/2021 00:57 WIB
Taliban mengklaim tidak ada bukti ISIS ataupun gerilyawan Al-Qaeda berada di negara itu, pada Selasa (21/9). Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid klaim tak ada ISIS dan Al-Qaeda di Afghanistan. (AP/Rahmat Gul)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taliban mengklaim tidak ada bukti ISIS ataupun gerilyawan Al-Qaeda berada di negara itu, pada Selasa (21/9).

Pernyataan ini disampaikan beberapa hari setelah ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom di kota Jalalabad.

"Kami tidak melihat siapapun di Afghanistan yang ada hubungannya dengan Al-Qaeda," kata Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid dalam konferensi pers di Kabul, dilansir Reuters.


"Kami berkomitmen pada fakta bahwa, dari Afghanistan, tidak akan ada bahaya bagi negara mana pun."

Mujahid juga membantah tuduhan Al-Qaeda mempertahankan kehadirannya di Afghanistan. Ia berulang kali berjanji bahwa Afghanistan ataupun gerakan militan lainnya tidak akan menyerang negara lain.

"Pasukan keamanan Emirat Islam siap dan akan menghentikan mereka," tutur Mujahid lagi.

Namun, Mujahid menyampaikan bahwa ada kemungkinan warga Afghanistan mengadopsi mentalitas ISIS.

Sejak Taliban berhasil menggulingkan pemerintahan Afghanistan sebelumnya, masyarakat internasional terus menekan kelompok itu untuk melepas hubungan mereka dengan Al-Qaeda. Al-Qaeda sendiri adalah dalang dari serangan 9/11 di Amerika Serikat.

Tak hanya dari internasional, Taliban juga harus menghadapi serangan teror yang diklaim oleh ISIS-K, afiliasi ISIS. Serangan ini terjadi mengingat dua kelompok ini memiliki konflik ekonomi dan ideologi.

Afiliasi ISIS Afghanistan, yang dikenal sebagai Negara Islam Khorasan (ISIS-K), pertama kali muncul di Afghanistan pada 2014.

Mereka mengaku bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom di Kota Jalalabad, Afghanistan. Selain itu, mereka juga mengklaim serangan bom bunuh diri di Bandara Kabul pada bulan lalu.



(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK