Wali Kota Manilla Jadi Capres Filipina, Saingan Pacquiao

CNN Indonesia | Kamis, 23/09/2021 00:42 WIB
Wali Kota Manila, Francisco Domagoso, mencalonkan diri sebagai presiden Filipina dalam pemilu 2022. I akan bersaing dengan mantan petinju Manny Pacquiao. Wali Kota Manila, Francisco Domagoso, mencalonkan diri sebagai presiden Filipina dalam pemilu 2022. I akan bersaing dengan mantan petinju Manny Pacquiao. (AFP/Noel Celis)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wali Kota Manila, Francisco Domagoso, mengumumkan bahwa ia mencalonkan diri sebagai presiden Filipina dalam pemilihan umum 2022 mendatang. Domagoso pun akan bersaing dengan mantan petinju Manny Pacquiao.

"Terima pengajuan saya sebagai presiden Filipina. Saya mungkin tak memberi Anda pemerintahan yang sempurna, tapi bersama-sama kita bisa membuatnya lebih baik," kata Domagoso, seperti dikutip Reuters, Rabu (22/9).

Domagoso melontarkan pernyataan itu dalam konferensi pers di kawasan kumuh di Manila. Politikus bernama panggung Isko Moreno ini memang tumbuh di daerah kumuh.


Untuk membantu orang tuanya, ia kerap mengorek sisa makanan dari restoran dan mengumpulkan sampah. Pada 1990-an,Domagoso ditemukan oleh seorang pencari bakat yang turut mengantarkan dirinya ke dunia pertunjukan di sebuah pemakaman.

Kemudian pada 2016, ia pernah mencalonkan diri sebagai anggota senat Filipina, tapi gagal. Tiga tahun kemudian, tepatnya 2019, ia terpilih menjadi Wali Kota Manila setelah mengalahkan petahana.

Di periode pertamanya sebagai wali kota, Domagoso meluncurkan kampanye pembersihan di Manila. Kampanye itu termasuk membersihkan jalan raya yang dulu dipenuhi pedagang kaki lima.

[Gambas:Video CNN]

Di Filipina sendiri, presiden dan wakil presiden dipilih secara terpisah. Sejauh ini, sudah ada tiga orang yang mencalonkan diri menjadi presiden.

Selain Domagoso, mantan petinju legendaris, Manny Pacquiao, dan eks kepala kepolisian, Ponnifo Lacson.

Sementara itu, Presiden Filipina saat ini, Rodrigo Duterte, akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Pencalonan ini dianggap sebagai permainan untuk mempertahankan kekuasaan.

(isa/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK