Di PBB, Jokowi Ungkap Janji RI saat Jadi Presiden G20

isa, CNN Indonesia | Kamis, 23/09/2021 12:42 WIB
Jokowi berjanji Indonesia akan memastikan G20 bekerja memenuhi kepentingan semua negara besar maupun kecil. Jokowi saat berpidato melalui video di Majelis Umum PBB Ke-76. (Foto: UN Web TV via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengungkapkan janji-janjinya kelak saat Indonesia mulai menjabat sebagai presiden negara kelompok G20 pada 2022 mendatang.

Jokowi berjanji Indonesia akan memastikan G20 bisa mengakomodasi seluruh kepentingan negara.

"Indonesia akan berupaya agar G20 dapat bekerja untuk kepentingan semua, untuk negara maju dan berkembang, Utara dan Selatan, negara besar dan kecil, negara kepulauan dan pulau kecil di Pasifik serta kelompok rentan yang harus diprioritaskan," kata Jokowi dalam pidato di sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ket-76 secara virtual, Rabu (22/9).


Menurut Jokowi, inklusivitas adalah prioritas utama kepemimpinan Indonesia di G20 dan dunia.

"Inilah komitmen Indonesia untuk membuktikan no one left behind (tidak ada yang tertinggal di belakang)," lanjutnya.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan ekonomi hijau dan berkelanjutan akan menjadi prioritas Indonesia. Indonesia, katanya, memiliki nilai yang strategis dalam isu perubahan iklim.

"Untuk itulah kami terus bekerja memenuhi komitmen kami."

Jokowi juga memamerkan prestasi Indonesia yang berhasil menurunkan kebakaran hutan sebesar 82 persen dibanding tahun sebelumnya.

Laju deforestasi, kata Jokowi, juga ikut turun signifikan di tahun yang sama dan merupakan terendah dalam 20 tahun terakhir.

Menghadapi agenda bersama dunia yang sangat berat, Jokowi menyampaikan harapan dan dukungannya terhadap multilateralisme.

"Sudah mendesak bagi kita untuk mengawal multilateralisme yang efektif dengan kerja dan hasil yang konkret. Let us work together to recover together recover stronger," katanya.

Indonesia diketahui akan menjadi Presidensi G20 di tahun 2022. Sementara itu, presidensi tahun ini dipegang oleh Italia.

Indonesia akan mulai menjabat sebagai presiden G20 mulai 1 Desember mendatang hingga 3 November 2022.

Jokowi dilaporkan akan terbang ke Italia pada akhir Oktober untuk menghadiri serah terima Presidensi G20 dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma.

Setiap tahun, negara anggota G20 secara bergantian menjadi tuan rumah dalam rangkaian pertemuan organisasi tersebut.



(isa/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK