Intelijen Swasta Israel Rilis Gambar Pusat Rudal Iran Hancur

CNN Indonesia
Jumat, 01 Oct 2021 09:50 WIB
Organisasi intelijen swasta Israel merilis citra satelit menampilkan gambar yang diduga pangkalan rudal rahasia IRGC di barat ibu kota Teheran hancur. Foto ilustrasi, kota rudal Iran. (VIA REUTERS/WANA NEWS AGENCY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Organisasi intelijen swasta Israel merilis citra satelit menampilkan gambar yang diduga pangkalan rudal rahasia Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) di barat ibu kota Teheran hancur.

Mengutip dari Sputnik, tampak kehancuran markas rudal rahasia Iran itu seperti diakibatkan oleh ledakan. Meski demikian, penyebab kerusakan itu tidak dilaporkan.

Citra satelit tersebut dirilis oleh organisasi intelijen swasta Israel pada Kamis (30/9). Gambar dalam citra satelit itu diduga sebagai salah satu pusat pengembangan rudal di Iran.


Tampak dalam satelit itu tampak seperempat bangunan diklaim merupakan pangkalan rudal rahasia milik IRGC yang hancur seluruhnya.

Kehancuran besar terlihat di bagian atap dari keseluruhan struktur bangunan.

ImageSat International melalui akun Twitter merilis foto-foto tersebut. Perusahaan intelijen asal Israel itu menyebut Shahid Hemmat Industrial Group ditunjukkan sebagai lokasi itu.

Berdasarkan laporan, setidaknya dua tentara IRGC tewas dalam ledakan tersebut. Divisi Penelitian dan Swasembada Organisasi Jihad yang disebut menjalankan fasilitas yang rusak itu mendapat sanksi dari Departemen Keuangan AS pada 2017.

Sanksi dijatuhkan karena organisasi itu berupaua meneliti dan mengembangkan rudal balistik.

Sejak Juli 2020, serangkaian kebakaran dan ledakan yang mencurigakan terjadi di lokasi nuklir, militer, dan industri Iran.

Menurut laporan Iran International, terjadi kebakaran lain di kompleks penelitian militer Teheran, hampir bersamaan dengan kebakaran di sebelah barat kota itu.



(tim/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER